UPAYA PENINGKATAN PEMBELAJARAN TEKNIK DASAR PERMAINAN BOLAVOLI MINI MENGGUNAKAN BOLA PLASTIK YANG DI BALUT SPON DI SD NEGERI MEJING 1 KECAMATAN GAMPING KABUPATEN SLEMAN

Rudi Aris Junaidi (2015) UPAYA PENINGKATAN PEMBELAJARAN TEKNIK DASAR PERMAINAN BOLAVOLI MINI MENGGUNAKAN BOLA PLASTIK YANG DI BALUT SPON DI SD NEGERI MEJING 1 KECAMATAN GAMPING KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Rudi Aris Junaidi_13604227022.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Dalam proses belajar mengejar di SD Negeri Mejing I terdapat beberapa permasalahan antara laian: (1) hanya beberapa siswa yang mampu melakukan gerak dasar passing bawah (2) belum tercapainya nilai KKM hasil aktivitas pembelajaran bolavoli peserta didik kelas V SD Negeri Mejing I (3) sarana dan prasarana yang tersedia di SD Negeri Mejing I terbatas sehingga anak tidak tertarik dalam mengikuti pembelajaran khususnya pembelajaran bolavoli. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran bolavoli mini menggunakan bola plastik berlapis spon pada siswa kelas V SD Negeri Mejing I tahun ajaran 2014/2015 Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR) dengan empat tahap dalam setiap siklus.tahapan tersebut meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD N Mejing 1 tahun pelajaran 2014/2015 dengan jumlah 31 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil observasi pada siklus pertama memperoleh skor rata – rata kelas 2,8. Sedangkan pada siklus kedua diperoleh nilai rata – rata kelas 3,0 atau sama dengan nilai ketuntasan minimal. Nilai rata – rata kelas ini meningkat 0,2. Berdasarkan kriterian penilaian perindividu pada siklus pertama diperoleh 61,3 % siswa mendapatkan kriteria sangat baik dan baik dalam permainan bolavoli dan 38,7 % siswa mendapatkan kriteria cukup, sedangkan pada siklus kedua diperoleh 80,64 % siswa mendapatkan kriteria sangat baik dan baik, sedangkan 19,36 % siswa mendapatkan kriteria penilaian cukup. Hal ini menunjukkan bahwa kriteria ketuntasan siswa terpenuhi karena 75% siswa mampu mendapatkan penilaian dengan kriteria minimal baik. Masih adanya siswa yang memiliki kriteria cukup dikarenakan masih ada siswa yang motivasi belajarnya masih rendah, daya tangkap anak terhadap materi yang rendah serta kelebihan berat badan sehingga kurang lincah dalam bergerak.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: peningkatan aktivitas siswa, bolavoli mini, bola plastik
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 13 Jul 2015 12:48
Last Modified: 30 Jan 2019 00:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22445

Actions (login required)

View Item View Item