IMPLEMENTASI KEBIJAKAN SEKOLAH DALAM PERUBAHAN KURIKULUM (Kurikulum Periode 1994, 2004, 2006 dan 2013) DI SMA NEGERI 2 WATES KULON PROGO YOGYAKARTA

Nugrahaeni, Sukarno (2013) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN SEKOLAH DALAM PERUBAHAN KURIKULUM (Kurikulum Periode 1994, 2004, 2006 dan 2013) DI SMA NEGERI 2 WATES KULON PROGO YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img] Text
Nugrahaeni Sukarno.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang implementasi kebijakan sekolah dalam perubahan kurikulum dari periode 1994, 2004, 2006 dan 2013 di sekolah SMA Negeri 2 Wates, Kulon Progo, Yogyakarta dilihat dari kompetensi isi, pembelajaran dan penilaian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum, Guru, Komite Sekolah dan Siswa yang terlibat langsung dalam implementasi kebijakan sekolah dalam perubahan kurikulum. Adapun objek penelitian adalah implementasi kebijakan sekolah dalam perubahan kurikulum yang berfokus pada isi, pembelajaran dan penilaian di sekolah. Penelitian yang bertempat di SMA Negeri 2 Wates, Kulon Progo, Yogyakarta ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, kajian dokumen dan triangulasi. Analisis data menggunakan teknik analisis model interaktif Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi kebijakan sekolah dalam perubahan kurikulum di SMA Negeri 2 Wates dari kurikulum 1994 sampai kurikulum 2013 secara umum berjalan lancar dan baik sesuai pedoman pelaksanaan yang berlaku. Pada saat ini, khususnya dalam pelaksanaan kurikulum 2013 menimbulkan pro dan kontra yang dikarenakan belum tersosialisasi dengan baik dan mekanisme yang kurang baik. Walaupun demikian, pihak sekolah tetap melaksanakan dan sebagian besar warga sekolah menanggapinya dengan positif thingking. Diharapkan masa berlaku kurikulum 2013 tidak terlalu singkat dan diproses dengan matang sehingga dapat dilihat hasil akhir dari kurikulum itu. Untuk menyikapi perkembangan kurikulum, khususnya kurikulum 2013 SMA Negeri 2 Wates lebih menekankan pada kesiapan tenaga pendidik (guru) itu sendiri melalui sosialisasi dan melalui kuliah S2. Kata kunci: kebijakan sekolah, perubahan kurikulum, SMA

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Perpustakaan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Kebijakan Pendidikan
Depositing User: Admin Filsafat dan Sosiologi Pendidikan FIP
Date Deposited: 02 Jul 2015 13:50
Last Modified: 30 Jan 2019 00:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22430

Actions (login required)

View Item View Item