IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DI SANGGAR KEGIATAN BELAJAR BANTUL KABUPATEN BANTUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Abi Surya, Prima Satya (2013) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DI SANGGAR KEGIATAN BELAJAR BANTUL KABUPATEN BANTUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img] Text
Abi Surya Prima Satya.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) implementasi kebijakan pendidikan kewirausahaan; (2) Mengetahui perubahan perilaku alumnus progam pendidikan kewirausahaan; (3) Faktor pendukung dan faktor penghambat progam pendidikan kewirausahaan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah Kepala SKB Bantul Kabupaten Bantul DIY, Pengelola, Pendidik progam pendidikan kewirausahaan dan peserta didik progam pendidikan kewirausahaan. Teknik pengumpulan data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dengan langkah-langkah yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) implementasi progam pendidikan kewirausahaan meliputi 3 aspek yaitu persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Tahap dalam persiapan adalah analisis kondisi dan pendataan peserta didik, penentuan jenis progam, penentuan waktu dan tempat pembelajaran, penentuan peserta didik; tahap pelaksanaan meliputi tempat pembelajaran di SKB Bantul Kabupaten Bantul DIY, waktu pelaksanaan 3 hari yaitu senin-rabu pada setiap minggunya, peserta didik berjumlah 20 pada masing-masing progam yaitu pendidikan tata boga dan rias pengantin dan 15 peserta didik untuk progam menjahit, pendidik dari SKB Bantul Kabupaten Bantul DIY dan bekerja sama dengan tenaga ahli lokal, interaksi peserta didik dengan pendidik baik, materi pembelajaran dengan modul, fasilitas baik hanya kurang lengkap pada progam tata rias pengantin yang peralatan praktiknya terbatas, pembiayaan dari P2PNFI Reg.II Semarang dan APBD, metode ceramah dan praktek, strategi berpusat pada pendidik; tahap evaluasi progam pendidikan kewirausahaan dengan ujian tertulis dan praktek; (2) perubahan perilaku alumnus setelah mendapatkan bekal pengetahuan dan keterampilan pendidikan kewirausahaan di SKB Bantul Kabupaten Bantul DIY mendapatkan keuntungan secara sosial, budaya dan ekonomi; (3) faktor pendukung motivasi dari pengelola dan pendidik, keaktifan pengelola dalam penyelenggaraan progam, semangat peserta didik dan faktor penghambat meliputi: tidak adanya permodalan bagi para alumni, kurangnya fasilitas, kurangnya kesadaran masyarakat. Kata Kunci: Implementasi, Kebijakan Pendidikan, Kewirausahaan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Perpustakaan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Kebijakan Pendidikan
Depositing User: Admin Filsafat dan Sosiologi Pendidikan FIP
Date Deposited: 02 Jul 2015 13:50
Last Modified: 30 Jan 2019 00:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22424

Actions (login required)

View Item View Item