UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN MEDIA MODUL PADA MATA PELAJARAN KERJA LAS DI SMK NEGERI 2 KEBUMEN

Akhmad, Muzani (2015) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN MEDIA MODUL PADA MATA PELAJARAN KERJA LAS DI SMK NEGERI 2 KEBUMEN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Akhmad Muzani 11503247022.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MEDIA MODUL PADA Penelitian ini bertujuan u terhadap motivasi belajar siswa mengetahui pengaruh penggunaan modul terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran kerja las Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode penelitian experiment, yang pelaksanaannya menggunakan jenis desain nonequivalent control group design Kebumen dengan sampel 2 kelas yaitu eksperimen, kelas XI TP 2 belajar pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan angket. Sedangkan untuk mengetahui prestasi belajar p dilaksanakan sebelum dan setelah proses pembelajaran ( Proses kegiatan belajar mengajar kelas yang berjudul Mengelas d menggunakan strategi pembelajaran Hasil penelitian motivasi belajar siswa di hasil angket motivasi keseluruhan siswa dengan jawaban “YA” sebanyak 25 prestasi belajar siswa adalah meningkatkan hasil belajar. Terbukti dari hasil belajar kelas ekperimen pada tertinggi 69, dan nilai terendah 34 83, modus 83, nilai tertinggi 97 independent sample test thitung (1,669 < 3,619). antara hasil belajar kelas eksperimen menggunakan media modul kontrol pembelajaran secara . Kata Kunci : Media Modul vii SISWA DENGAN MATA PELAJARAN KERJA LAS DI SMK NEGERI 2 KEBUMEN Oleh : Akhmad Muzani 11503247022 ABSTRAK untuk mengetahui pengaruh penggunaan modul pada mata pelajaran kerja las. Sekaligus u di SMK Negeri 2 Kebumen. quasi experiment design. Penelitian dilakukan di SMK kelas XI TP 1 sebagai kelompok I sebagai kelompok kontrol. Untuk mengetahui motivasi pengumpulan data berupa hasil tes yang pretest dan eksperimen dengan menggunakan dengan Proses SMAW, sedangkan kelas i ceramah (konvensional). menunjukan bahwa pengaruh penggunaan modul terhadap dikategorikan sangat tinggi/sangat positif. Terbukti dari mean adalah 90,41dan hasil 25. Pengaruh penggunaan modul terhadap pretest, mean 52, median 52,5, modus 34. Setelah menggunakan modul mean 83, 97, dan nilai terendah 60. Perhitungan uji dengan taraf kesalahan 5% menunjukan bahwa Diputuskan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dengan kelas konvensional. Modul, Kerja Las, Motivasi dan Prestasi Belajar aligus untuk pada dengan Negeri 2 posttest). modul kontrol . observasi , 46, nilai median t ttabel < erdapat

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 02 Jul 2015 04:42
Last Modified: 30 Jan 2019 00:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22418

Actions (login required)

View Item View Item