PERSEPSI GURU SMK N 2 DEPOK TERHADAP UJI KOMPETENSI AWAL (UKA)

Akhmad, Kurniadi Hertanto (2015) PERSEPSI GURU SMK N 2 DEPOK TERHADAP UJI KOMPETENSI AWAL (UKA). S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Akhmad Kurniadi Hertanto 11501247005).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

PERSEPSI GURU SMK N 2 DEPOK TERHADAP UJI KOMPETENSI AWAL (UKA) Oleh Akhmad Kurniadi Hertanto NIM.11501247005 ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi guru SMK N 2 Depok yang sudah mengikuti Uji Kompetensi Awal (UKA) terhadap Uji Kompetensi Awal (UKA), mengetahui persepsi guru SMK N 2 Depok yang belum mengikuti Uji Kompetensi Awal (UKA) terhadap Uji Kompetensi Awal (UKA), dan perbedaan persepsi guru SMK N 2 Depok yang sudah mengikuti UKA dengan guru yang belum mengikuti UKA terhadap Uji Kompetensi Awal (UKA). Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru tenaga pendidik SMK N 2 Depok Yogyakarta yang berjumlah 162 guru. Penelitian ini menggunakan instrumen yaitu berupa kuesioner/angket. Teknik analisis data menggunakan t-test sebagai pengujian hipotesis. Keabsahan data diperoleh melalui validitas dan reliabilitas untuk mengetahui kevalidan dan tingkat keterandalan instrumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) persepsi guru SMK N 2 Depok yang sudah mengikuti UKA terhadap UKA dalam kategori baik. Dari jumlah responden yang sudah mengikuti UKA sebanyak 34 guru. Kategori sangat baik 6%, kategori baik 65%, kategori sedang 23% dan kurang 6% dengan rata-rata skor 71,41. (2) persepsi guru SMK N 2 Depok yang belum mengikuti UKA terhadap UKA dalam kategori sedang. Dari jumlah responden yang belum mengikuti UKA sebanyak 88 guru. Kategori sangat baik 14%, kategori baik 35%, kategori sedang 27%, kurang 18% dan sangat kurang 6% dengan rata-rata skor 66,34. (3) terdapat perbedaan persepsi guru SMK N 2 Depok yang sudah mengikuti UKA dengan guru yang belum mengikuti UKA terhadap Uji kompetensi awal (UKA). Hal ini dibuktikan thitung sebesar 2,652, sedangkan ttabel dengan n1=34 dan n2=88 pada taraf signifikansi 5% sebesar 2,013, jadi thitung lebih besar dari ttabel (2,652> 2,013). Kata kunci: guru, persepsi, uji kompetensi awal (UKA).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 02 Jul 2015 04:38
Last Modified: 30 Jan 2019 00:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22414

Actions (login required)

View Item View Item