TRADISI “NGLELURI OMBYAKING WARGA HAMETRI KUNCARA DESA” (NGROWHOD) SEBAGAI DAYA TARIK WISATA DI DESA GIRIKERTO KECAMATAN TURI KABUPATEN SLEMAN

Kusumawati, Indriafitri (2012) TRADISI “NGLELURI OMBYAKING WARGA HAMETRI KUNCARA DESA” (NGROWHOD) SEBAGAI DAYA TARIK WISATA DI DESA GIRIKERTO KECAMATAN TURI KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
Indriafitri-07413241005.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang tradisi Ngrowhod sebagai daya tarik wisata di Desa Girikerto. Selain itu juga bertujuan untuk mengetahui partisipasi masyarakat terhadap kelangsungan tradisi Ngrowhod. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberi informasi dan bahan kajian tentang tradisi budaya sebagai kebudayaan yang patut untuk dilestarikan dan dikembangkan dalam masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah masyarakat dan Perangkat Desa Girikerto dan ditambah dengan wisatawan dan pelaku bisnis pariwisata serta pegawai dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan ada dua kesimpulan pokok yang dapat peneliti ajukan. Pertama, bahwa tradisi Ngrowhod merupakan kemasan baru dari tradisi syukur masyarakat Desa Girikerto yang memiliki daya tarik berupa guyup rukun dan keramahan masyarakat serta menyatu dengan lingkungan. Tradisi Ngrowhod telah memenuhi kriteria sebagai obyek yang diminati pengunjung, yaitu something to see, something to do, dan something to buy. Tradisi Ngrowhod dapat menjadi daya tarik wisata Desa Girikerto tidak lepas dari peran semua pihak baik itu masyarakat, Pamong Desa, Pemerintah Daerah, dan pelaku bisnis pariwisata. Kedua, tradisi Ngrowhod yang terbilang sebagai tradisi baru ini mendapat sambutan yang positif dan semua warga berpartisisipasi aktif dalam kelangsungan tradisi Ngrowhod ini. Tidak hanya kaum tua saja yang berpartisipasi tetapi juga kaum muda. Partisipasi yang dilakukan oleh masyarakat Desa Girikerto terhadap tradisi Ngrowhod ini merupakan kontribusi sukarela sesuai dengan kemampuan masing-masing yang melibatkan fisik dan psikis mereka dan terdorong untuk bertanggung jawab mewujudkan tujuan dari partisipasi mereka yaitu mampu melestarikan dan mengembangkan tradisi Ngrowhod sebagai daya tarik wisata di Desa Girikerto. Upaya pelestarian yang dilakukan adalah dengan mengadakan perayaan tradisi Ngrowhod setiap tahunnya walaupun dalam keadaan sosial ekonomi yang belum stabil pasca erupsi Merapi. Kata Kunci: Tradisi Ngrowhod, Partisipasi, Daya tarik wisata.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi Antropologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Admin Pendidikan Sosiologi FIS
Date Deposited: 02 Jul 2015 13:50
Last Modified: 30 Jan 2019 00:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22373

Actions (login required)

View Item View Item