EFEKTIVITAS PEMANFAATAN LABORATORIUM GEOGRAFI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 7 PURWOREJO

WULANDARI, LOLITA (2012) EFEKTIVITAS PEMANFAATAN LABORATORIUM GEOGRAFI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 7 PURWOREJO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
Skripsi Full Geo 08405244003 LOLITA WULANDARI.swf - Accepted Version

Download (4MB)
[img] Text (FIS Digital)
Skripsi Full Geo 08405244003 LOLITA WULANDARI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pemanfaatan laboratorium gografi, dan (2) efektivitas pemanfaatan laboratorium dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini didesain sebagai penelitian deskriptif analisis. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X yang berjumlah 288 siswa. Populasi diambil kelas X sebab peneliti berasumsi bahwa kelas X lebih banyak memanfaatkan laboratorium. Sampel pada penelitian ini sebanyak 157 siswa yang terdiri dari 9 kelas yang diambil secara proportional sampling dan stratified sampling. Variabelnya terdiri dari variabel bebas yaitu pemanfaatan laboratorium geografi dan variabel terikat yaitu hasil belajar siswa kelas X. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu (1) teknik observasi, (2) dokumentasi, dan (3) angket. Teknik analisis data variabel pertama dideskripsikan secara mendalam dan variabel kedua menggunakan Pearson Correlation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) laboratorium di SMA Negeri 7 Purworejo belum dimanfaatkan secara optimal yang dilihat dari frekuensi kunjungan siswa yang masih tergantung oleh guru mata pelajaran walaupun kondisi laboratorium sudah sangat memadahi, (2) terdapat hubungan yang positif antara pemanfaatan laboratorium geografi di SMA Negeri 7 Purworejo dengan perolehan koefisien korelasi pada praktikum 1 sebesar 0,137; praktikum 2 sebesar 0,190; praktikum 3 sebesar 0.265 dengan N = 157 dan rtabel sebesar 0,159. Selain itu diperoleh pula harga koefisien determinasi R2 sebesar 10,80% yang mempunyai makna bahwa pemanfaatan laboratorium memiliki sumbangan efektif sebesar 10,80% terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas X di SMA Negeri 7 Purworejo. Kata kunci: pemanfaatan laboratorium, hasil belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Geografi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Geografi
Depositing User: Admin Pendidikan Geografi FIS
Date Deposited: 02 Jul 2015 03:33
Last Modified: 30 Jan 2019 00:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22372

Actions (login required)

View Item View Item