PENGELOLAANPEMBELAJARANPROGRAMFULLDAY SCHOOLDI SDBUDI MULIADUAYOGYAKARTA

Ragella, Septiana (2015) PENGELOLAANPEMBELAJARANPROGRAMFULLDAY SCHOOLDI SDBUDI MULIADUAYOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
RAGELLA SEPTIANA.pdf

Download (27MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pengelolaan pembelajaran program full day school di SD Budi Mulia Dua Yogyakarta yang meliputi: (1) perencanaan pembelajaran program full day school di dalam dan di luar kelas; (2) pelaksanaanpembelajaranprogramfulldayschool di dalam dan di luarkelas. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Subyek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran dan Kepala Sekolah di SD Budi Mulia Dua yogyakarta. Instrumen penelitian ini menggunakan angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif denganteknikpersentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan pembelajaran program full day school di SD Budi Mulia Dua Yogyakarta dilakukan melalui rapat kerja setiap semester yang mencakup perencanaan pembelajaran di dalam kelas dan pembelajaran di luar kelas. Untuk perencanaan pembelajaran di dalam kelas programfulldayschool, termasuk dalam kategori baik sebab sebagian besar guru melaksanakan perencanaan sesuai dengan komponen perencanaan yang ada dalam RPP. Hal ini didukung dari hasil angket guru sebesar 83,33% yang menyatakanmelakukanperencanaanpembelajaran sesuai dengan enam komponen yang telah ditentukan. Sedangkan untuk perencanaan pembelajaran program full day school di luar kelas, guru tidak menyusun RPP tetapi membuat agenda kegiatan dengan menggunakan pembelajaran yang rekreatif dan disesuaikan dengan lingkungan di luar sekolah; (2) Pelaksanaan pembelajaran program full day school di SD Budi Mulia Dua yang dilakukan oleh guru di dalam kelas termasuk dalam kategori cukup baik sebab antara guru yang melaksanakan pembelajaran yang sesuai dengan ketentuan secara penuh dengan guru yang belum melaksanakan pembelajaran sesuai dengan ketantuan secara penuh hampir seimbang. Hal ini didukung dari hasil isian angket guru yang menyatakan bahwa dalam melaksanakan pemebelajaran programfulldayschool di dalam kelas sesuai dengan ketentuan secara penuh sebesar 59, 18%. Untuk pembelajaran program full day school di luar kelas, tidak semua guru terlibat dalam pelaksanaan. Guru yang telibat dalam pelaksanaannya adalah guru kelas dan guru pendamping yang bertugas mengontrol kegiatan siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Admin Administrasi Pendidikan FIP
Date Deposited: 02 Jul 2015 03:30
Last Modified: 30 Jan 2019 00:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22371

Actions (login required)

View Item View Item