PEMANFAATAN E-LEARNING DALAM MENINGKATKAN MUTU PROSES PEMBELAJARAN RINTISAN SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 5 YOGYAKARTA

Norma Chunnah, Zulfa (2015) PEMANFAATAN E-LEARNING DALAM MENINGKATKAN MUTU PROSES PEMBELAJARAN RINTISAN SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 5 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Norma Chunnah Zulfa.pdf

Download (15MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan pentingnya pencapaian pembelajaran yang bermutu melalui pemanfaatan e-learning. Pemanfaatan e-learning diharapkan dapat meningkatkan mutu proses pembelajaran pada rintisan sekolah bertaraf internasional. Pemanfaatan e-learning pada proses pembelajaran rintisan sekolah bertaraf internasional (RSBI) di SMP N 5 Yogyakarta meliputi: (1) kebijakan pemanfaan e-learning dalam pross pembelajaran; (2) pemahaman dan penguasaan guru RSBI terhadap e-learning; (2) pemahaman dan penguasaan peserta didik RSBI terhadap e-learning; (3) kesiapan infrastruktur pemanfaatan e-learning; (4) penyelenggaraan e-learning dalam proses pembelajaran RSBI; (5) dampak e-learning terhadap peningkatan mutu proses pembelajaran RSBI di SMP N 5 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan interaktif fenomenologi karena mendeskripsikan fenomena berdasarkan pandangan subjek penelitian. Subjek penelitian terdiri dari penanggung jawab program RSBI, admin e-learning, guru dan peserta didik program RSBI. Instrumen penelitian adalah pedoman wawancara, pedoman observasi dan pedoman dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif melalui tahap reduksi data, display data dan conclusion drawing/verification. Hasil penelitian menunjukkan: (1) kebijakan pemanfaatan e-learning di SMP N 5 Yogyakarta tersirat dalam visi misi sekolah; (2) pemahaman dan penguasaan guru RSBI terhadap e-learning meliputi pengetahuan guru tentang elearning dan kemampuan guru menggunakan e-learning yang terlihat dari penggunaan e-learning atau tidaknya oleh guru dalam proses pembelajaran.; (2) pemahaman dan penguasaan peserta didik RSBI terhadap e-learning meliputi pengetahuan dan kemampuan peserta didik menggunakan e-learning yang terlihat pada pengetahuan dankemampuan peserta didik untuk akses e-learning (3) kesiapan infrastruktur pemanfaatan e-learning meliputi kesiapan hardware, software dan brainware; (4) penyelenggaraan e-learning menggunakan metode asynchronous e-learning yaitu guru dan peserta didik online di tempat dan waktu yang berbeda, berfungsi sebagai suplemen pembelajaran tatap muka sehingga pelaksanaannya terpisah dari pembelajaran di kelas.; (5) dampak e-learning terhadap peningkatan mutu proses pembelajaran program RSBI adalah adanya peningkatan pemahaman dan penguasaaan peserta didik terhadap materi pelajaran karena keaktifan, kemandirian serta motivasi peserta didik untuk mempelajari materi e-learning.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Admin Administrasi Pendidikan FIP
Date Deposited: 02 Jul 2015 03:23
Last Modified: 30 Jan 2019 00:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22367

Actions (login required)

View Item View Item