EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK STAD (Student Team Achievement Divisions) PADA PEMBELAJARAN FORMULA EXCELL DI SMA NEGERI 2 BANTUL

Ahmad, Thoriq Hidayatullah (2015) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK STAD (Student Team Achievement Divisions) PADA PEMBELAJARAN FORMULA EXCELL DI SMA NEGERI 2 BANTUL. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Ahmad Thoriq Hidayatullah 09520244076.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK STAD (Student Team Achievement Divisions) PADA PEMBELAJARAN FORMULA EXCELL DI SMA NEGERI 2 BANTUL Oleh : Ahmad Thoriq Hidayatullah NIM.09520244076 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan hasil belajar siswa kelas XI yang semula belajar secara konvensional dibandingkan dengan siswa yang belajar dengan menggunakan pembelajaran kooperatif dengan teknik STAD (Student Team Achievement Divisions). Mata pelajaran yang digunakan adalah TIK pada materi mengoperasikan software Spreadsheet bab Fungsi di SMA Negeri 2 Bantul. Penelitian ini mengambil tempat di SMA Negeri 2 Bantul. Penelitian ini adalah Kuasi Eksperimen dengan Nonequivalent Control Group Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI yang berjumlah 219 siswa. Sampel penelitiannya berjumlah 42 siswa. Pada perlakuan kelas eksperimen pembelajaran kooperatif dilakukan dengan menggunakan metode STAD (Student Team Achievement Divisions) sedangkan untuk kelas kontrol pembelajaran dilakukan dengan metode pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data ini menggunakan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis uji-t dengan taraf kesalahan 5%. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran menggunakan metode STAD (Student Team Achievement Divisions) pada materi mengoperasikan software Spreadsheet bab fungsi memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar dari pada pembelajaran secara konvensional, yaitu nilai rata-rata kelas eksperimen 85,22 > nilai rata-rata kelas kontrol 74,8 yang menunjukan bahwa nilai rata-rata posttest kelas eksperimen lebih unggul dibandingkan nilai rata-rata kelas kontrol. Terdapat perbedaan = -4,850 lebih kecil dari =2,021 Dengan demikian, hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran menggunakan metode STAD (Student Team Achievement Divisions) lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran secara konvensional. Kata Kunci : STAD, Formula, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 02 Jul 2015 03:02
Last Modified: 30 Jan 2019 00:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22353

Actions (login required)

View Item View Item