HUBUNGAN PELAKSANAAN BIMBINGAN KONSELING DAN FASILITAS BELAJAR DI RUMAH TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI SISWA KELAS X TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK PIRI 1 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011

AHMAD, SUWIDANG (2015) HUBUNGAN PELAKSANAAN BIMBINGAN KONSELING DAN FASILITAS BELAJAR DI RUMAH TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI SISWA KELAS X TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK PIRI 1 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Ahmad Suwidang - 06504244019.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK HUBUNGAN PELAKSANAAN BIMBINGAN KONSELING DAN FASILITAS BELAJAR DI RUMAH TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI SISWA KELAS X TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK PIRI 1 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011 Oleh : AHMAD SUWIDANG NIM 06504244019 Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Mengetahui apakah ada hubungan antara Pelaksanaan Bimbingan Konseling dengan Motivasi Berprestasi siswa kelas X Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK PIRI 1 Yogyakarta; (2) Mengetahui apakah ada hubungan antara fasilitas belajar di rumah dengan motivasi berprestasi siswa kelas X Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK PIRI 1 Yogyakarta; (3) Memperoleh informasi tentang besarnya hubungan Pelaksanaan Bimbingan Konseling dan Fasilitas Belajar Dirumah secara bersama-sama terhadap Motivasi Berprestasi siswa kelas X Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK PIRI 1 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK PIRI 1 Yogyakarta tahun ajaran 2010/2011 sebanyak 6 kelas (174 siswa). Dari populasi itu diambil sampel sebanyak 118 reponden. Metode data pelaksanaan bimbingan konseling dan fasilitas belajar di rumah terhadap motivasi berprestasi siswa dengan menggunakan angket. Untuk mengetahui validitas instrumen dengan mengkonsultasikan kepada para ahli (expert judgement) dan validasi konstruk menggunakan rumus Product Moment dari Pearson. Reliabilitas instrumen diuji dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach’s. Uji prasyarat analisis menggunakan analisis statistik deskriptif untuk menghitung harga mean, median, modus dan standar deviasi dan analisis korelasional untuk menguji hipotesis pertama dan kedua dengan menggunakan korelasi Product Moment dengan membandingkan rhitung dengan rtabel untuk menguji hipotesis ketiga menggunakan rumus korelasi ganda dua predictor dengan membandingkan Fhitung dengan Ftabel. Pengujian tersebut dengan bantuan komputer program SPSS 16.0. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada hubungan positif antara pelaksanaan bimbingan konseling dengan motivasi berprestasi siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK PIRI 1 Yogyakarta memperoleh rhitung 0,296 > rtabel 5% 0,195; (2) Ada hubungan positif antara fasilitas belajar di rumah dengan motivasi berprestasi siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK PIRI 1 Yogyakarta memperoleh rhitung 0,333 > rtabel 5% 0,195; (3) Ada hubungan positif secara bersama-sama antara pelaksanaan bimbingan konseling dan fasilitas belajar di rumah terhadap motivasi berprestasi siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK PIRI 1 Yogyakarta memperoleh Fhitung 10,855 > Ftabel 5% 3,05 dengan prosentase pelaksanaan bimbingan konseling 4,6% dan fasilitas belajar di rumah 11,08%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Otomotif > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 02 Jul 2015 02:50
Last Modified: 02 Jul 2015 02:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22350

Actions (login required)

View Item View Item