FAKTOR FAKTOR KESULITAN BELAJAR MATA DIKLAT SISTEM PENGAPIAN DI SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA

Ahmad, Sholeh (2015) FAKTOR FAKTOR KESULITAN BELAJAR MATA DIKLAT SISTEM PENGAPIAN DI SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Ahmad Sholeh 10504244020.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

FAKTOR FAKTOR KESULITAN BELAJAR MATA DIKLAT SISTEM PENGAPIAN DI SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA Oleh: Ahmad Sholeh NIM. 10504244020 ABSTRAK Tujuan dalam penelitian ini adalah: Mengetahui gambaran empiris faktor kesulitan belajar (intern dan ekstern) siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta dalam mempelajari mata diklat sistem pengapian. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk membuat deskripsi, gambaran atau likisan secara sistematis, faktual mengenai apa yang menjadi tema penelitian. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini adalah penelitian populasi karena seluruh siswa kelas XI TKR SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta yang berjumlah 109 siswa dijadikan subjek penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan angket, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis data deskriptif. Dari hasil penelitian diketahui bahwa faktor-faktor kesulitan belajar yang berasal dari diri siswa (intern) terdiri dari faktor fisiologi dan psikologi. Skor faktor fisiologi siswa sebagian besar masuk kategori tinggi. Sedangkan faktor psikologi rinciannya adalah faktor bakat masuk dalam kategori rendah, sementara faktor minat, motivasi, inteligensi, kesehatan mental dan tipe khusus pelajar masuk pada kategori sedang. Faktor-faktor kesulitan belajar yang berasal dari luar diri siswa (ekstern) terdiri dari faktor keluarga, sekolah dan masyarakat. Skor ketiga faktor tersebut semuanya masuk dalam kategori sedang. Namun dari ketiga faktor tersebut ada dua unsur/faktor yang berasal dari faktor sekolah yang masuk kategori rendah. Dua faktor tersebut adalah fasilitas belajar dan cakupan materi pelajaran. Kata kunci: faktor-faktor, kesulitan belajar, sistem pengapian.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 02 Jul 2015 02:45
Last Modified: 30 Jan 2019 00:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22348

Actions (login required)

View Item View Item