PELAKSANAAN KEGIATAN TUTORIAL PENDIDIKAN KESETARAAN SERTA FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI DI KECAMATAN JERUKLEGI KABUPATEN CILACAP

Linatus, Sofiah (2015) PELAKSANAAN KEGIATAN TUTORIAL PENDIDIKAN KESETARAAN SERTA FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI DI KECAMATAN JERUKLEGI KABUPATEN CILACAP. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LINATUS SOFIAH MP (0601249002).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan keterlaksanaan kegiatan tutorial di lembaga Kejar Paket A, Paket B dan Paket C, (2) mendeskripsikan faktor-faktor yang mendukung dan menghambat proses kegiatan tutorial di lembaga Kejar Paket A, Paket B dan Paket C di Kecamatan Jeruklegi Kabupaten Cilacap. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subyek dalam penelitian ini adalah lembaga-lembaga penyelenggara Program Pendidikan Kesetaraan Paket A, Paket B dan Paket C di Kecamatan Jeruklegi. Responden yang dijadikan informan adalah warga belajar, tutor dan penyelenggara. Data dikumpulkan menggunakan cara wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan kegiatan tutorial pada Program Paket A, Paket B dan Paket C secara keseluruhan terdapat beberapa kekurangan antara lain: warga belajar banyak yang tidak aktif mengikuti kegiatan pembelajaran, pengetahuan penyelenggara dan tutor yang terbatas tentang ketentuan penyelenggaraan serta pengawasa yang belum optimal. Pelaksanaan kegiatan dipengaruhi beberapa faktor baik pendukung maupun faktor penghambat. Faktor pendukungnya antara lain: minat belajar yang besar dari peserta warga belajar, sarana, alat dan bahan telah tersedia, lokasi pembelajaran dekat dengan tempat tinggal warga belajar, biaya gratis/terjangkau. Faktor penghambat yang menyebabkan pelaksanaan pembelajaran tidak efektif karena berbagai hal, antara lain: kesibukan warga belajar yang mengikuti program sambil bekerja, strategi pembelajaran belum sesuai dengan kebutuhan dan latar belakang warga belajar, keterbatasan pengetahuan dan informasi penyelenggara dan tutor tentang ketentuan penyelenggaraan program, pengawasan dari pihak berwenang yang kurang optimal.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Admin Administrasi Pendidikan FIP
Date Deposited: 02 Jul 2015 01:41
Last Modified: 30 Jan 2019 00:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22323

Actions (login required)

View Item View Item