KELANCARANKOMUNIKASISURAT-MENYURAT ANTARAUNITPELAKSANATEKNIS DINAS PENDIDIKANANAK USIADINIDANPENDIDIKANDASAR(UPTDPAUDDAN DIKDAS) DENGANSEKOLAH DASARSEKABUPATENKULONPROGO

Lia, Rahmawati (2015) KELANCARANKOMUNIKASISURAT-MENYURAT ANTARAUNITPELAKSANATEKNIS DINAS PENDIDIKANANAK USIADINIDANPENDIDIKANDASAR(UPTDPAUDDAN DIKDAS) DENGANSEKOLAH DASARSEKABUPATENKULONPROGO. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Lia Rahmawati.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelancaran komunikasi surat-menyurat antara UPTD PAUD dan DIKDAS dengan Sekolah Dasar se KabupatenKulonProgo besertafaktor yangmempengaruhinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif. Variabel penelitian ini adalah kelancaran komunikasi surat-menyurat antara UPTD PAUD dan DIKDAS dengan SD di bawahnya se Kabupaten Kulon Progo beserta faktor pendukung dan penghambatnya. Subyek penelitian ini adalah 4 UPTD PAUD dan DIKDAS dengan SD dibawahnya, UPTD PAUD dan DIKDAS tersebut antara lain yang berada di Kecamatan Nanggulan yang mewakili daerah pegunungan, Sentolo dan Pengasih yang mewakili daerah pertengahan dan Wates mewakili daerah perkotaan. Data dikumpulkan dengan wawancara kemudian didukung pencermatan dokumen yang terkait. Data kemudian dianalisis dengan analisis kualitatif yangmendeskripsikankondisi yangada. Hasil penelitian menunjukkan hasil berikut: 1) Kelancaran surat-menyurat dari UPTD PAUD dan DIKDAS ke SD di bawahnya berjalan lancar, namun beberapa surat edaran, pengumuman, permintaan atau permohonan dan surat lain yakni pedoman pelaksanaan kegiatan mengalami keterlambatan sampai ke SD (ke bawah). 2) Surat yang berasal dari SD ke UPTD PAUD dan DIKDAS (ke atas) berjalan lancar, namun ada beberapa surat berupa laporan mengalami keterlambatan pengiriman ke UPTD PAUD dan DIKDAS. 3) Faktor pendukung kelancaran komunikasi surat-menyurat adalah media komunikasi yakni telepon genggam (HP) yang mempermudah pihak UPTD dalam memberitahu sekolah apabila ada surat yang perlu segera ditindak lanjuti dan kesediaan staf atau petugas menggunakan alat transportasi pribadinya dalam mengambil atau mengirimkan surat. 4) Faktor yang menghambat kelancaran komunikasi suratmenyurat adalah sekolah yang tidak segera mengerjakan laporan karena menomor duakan surat, kurangnya atau bahkan tidak ada pegawai di UPTD serta SD yang bertugas mengambil dan mengirimkan surat ke UPTD ataupun ke SD. Kondisi geografis yangjauh menyebabkan keterlambatan surat kepadapihak yangdituju.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Admin Administrasi Pendidikan FIP
Date Deposited: 02 Jul 2015 01:39
Last Modified: 30 Jan 2019 00:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22322

Actions (login required)

View Item View Item