PERSEPSI MAHASISWA TENTANG PRAKTIK KULIAH LAPANGAN GEOGRAFI TERPADU SEBAGAI MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING Kasus PKL Mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi Angkatan 2008 di Suku Baduy)

RIYANTININGSIH, . (2012) PERSEPSI MAHASISWA TENTANG PRAKTIK KULIAH LAPANGAN GEOGRAFI TERPADU SEBAGAI MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING Kasus PKL Mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi Angkatan 2008 di Suku Baduy). S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
Skripsi Full Geo 08405241040 RIYANTININGSIH.swf - Accepted Version

Download (4MB)
[img] Text (FIS Digital)
Skripsi Full Geo 08405241040 RIYANTININGSIH.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pelaksanaan PKL Geografi Terpadu sebagai model pembelajaran CTL, 2) hambatan dalam pelaksanaan PKL Geografi Terpadu sebagai model pembelajaran CTL, 3) Hubungan antara PKL Geografi Terpadu sebagai model pembelajaran CTL dengan hasil belajar PKL Geografi Terpadu. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi, karena bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara pelaksanaan PKL Geografi Terpadu sebagai model pembelajaran CTL dengan hasil belajar PKL Geografi Terpadu. Populasinya adalah seluruh mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi FIS UNY angkatan 2008, yang mengikuti kegiatan PKL Geografi Terpadu yakni berjumlah 85 mahasiswa, maka penelitian ini merupakan penelitian populasi. Metode pengambilan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dan crosstab (tabel silang). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) PKL Geografi Terpadu yang dilaksanakan di Jurusan Pendidikan Geografi angkatan 2008 FIS UNY sebagai model pembelajaran CTL pelaksanaannya sudah baik, 2) Hambatan umum pelaksanaan PKL Geografi Terpadu sebagai model pembelajaran CTL di Jurusan Pendidikan Geografi UNY diantaranya adalah rendahnya penerapan komponen pemodelan, rendahnya penerapan komponen penilaian nyata, rendahnya tingkat partisipasi mahasiswa dalam komponen pemodelan dan rendahnya tingkat partisipasi mahasiswa dalam komponen penilaian nyata, 3) Terdapat hubungan antara PKL Geografi Terpadu sebagai model pembelajaran CTL dengan hasil belajar PKL Geografi Terpadu di Jurusan Pendidikan Geografi angkatan 2008 FIS UNY. Hal ini dibuktikan dengan mahasiswa yang mengatakan PKL Geografi Terpadu baik sebagai model pembelajaran CTl, nilai hasil belajar PKL Geografi Terpadunya juga tinggi (61,18 persen). Kata kunci: PKL Geografi Terpadu, model pembelajaran CTL

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Geografi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Geografi
Depositing User: Admin Pendidikan Geografi FIS
Date Deposited: 02 Jul 2015 01:09
Last Modified: 30 Jan 2019 00:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22311

Actions (login required)

View Item View Item