POLITICAL MARKETING KANDIDAT DALAM PEMILIHAN KEPALA DESA (PILKADES)

Rizki, Zerunisa (2014) POLITICAL MARKETING KANDIDAT DALAM PEMILIHAN KEPALA DESA (PILKADES). S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
2 ABSTRAK.pdf

Download (806kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 BAB I.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 BAB II.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 BAB III.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 BAB IV.pdf

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 BAB V + DAPUS.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
9 RINGKASAN.pdf

Download (347kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelit ian ini bertujuan untuk mengetahui political marketing yang dilakukan oleh set iap kandidat dalam Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Desa Gentan Kecamatan Gant iwarno Kabupaten Klaten dan menjelaskan faktor-faktor yang menentukan kemenangan kandidat dalam Pilkades Desa Gentan tahun 2013. Jenis penelit ian ini adalah penelit ian deskriptif. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer berupa hasil wawancara dengan informan penelit ian dan hasil observasi yang dilakukan oleh penelit i. Data sekunder berupa laporan dan dokumen-dokumen resmi. Instrumen penelit ian adalah penelit i sendiri yang dalam pelaksanaannya menggunakan alat bantu berupa pedoman wawancara dan pedoman observasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis data dalam penelit ian ini menggunakan model interaktif, yaitu proses analisis dengan menggunakan t iga komponen yang terdiri dari reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelit ian menunjukkan bahwa kandidat dapat menerapkan political marketing dengan baik. Namun, political marketing yang dilakukan Pak Sudiman lebih progresif di banding Pak Saino. Pak Saino menggunakan pendekatan political marketing Partai Berorientasi Produk (Product Oriented Party-POP). Pak Sudiman menggunakan pendekatan political marketing Partai Berorientasi Pasar (Market Oriented Party-MOP). Kampanye dilakukan dengan menerapkan strategi push dan pass political marketing. Jaringan kekeluargaan, pemberian uang, rasa hutang budi menjadi dasar seseorang memberikan dukungan kepada salah satu kandidat. Faktor – faktor yang menentukan kemenangan Pak Sudiman adalah (1) pendekatan MOP mengarahkan melihat bagaimana pasar pemilih seperti kebutuhan pemilih, keinginan pemilih dan permasalahan pemilih (2) adanya dukungan dana dari pemodal sehingga mampu melakukan money politic (3) komunikasi kepada pemilih dilakukan lebih lama daripada Pak Saino sehingga mampu memblokir segala pergerakan dari kubu Pak Saino. Kata kunci : political marketing, Pilkades

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Administrasi Negara
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Administrasi Publik
Depositing User: Admin Administrasi Negara FIS
Date Deposited: 02 Jul 2015 00:35
Last Modified: 30 Jan 2019 00:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22295

Actions (login required)

View Item View Item