PENGARUHLATARBELAKANGPENDIDIKANDANPENGALAMAN DIKLATTEKNIS FUNGSIONALTERHADAPPROFESIONALITAS GURUSMPNEGERISEKECAMATANMLATI KABUPATENSLEMANYOGYAKARTA

IrfanaPutri, Setiadi (2015) PENGARUHLATARBELAKANGPENDIDIKANDANPENGALAMAN DIKLATTEKNIS FUNGSIONALTERHADAPPROFESIONALITAS GURUSMPNEGERISEKECAMATANMLATI KABUPATENSLEMANYOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
IRFANA PUTRI.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) seberapa besar pengaruh latar belakang pendidikan terhadap profesionalitas guru; (2) seberapa besar pengaruh pengalaman diklat teknis fungsional terhadap profesionalitas guru; dan (3) seberapa besar pengaruh latar belakang pendidikan dan pengalaman diklat teknis fungsional secarabersama-samaterhadap profesionalitas guru. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah guru di SMP Negeri se-Kecamatan Mlati yang berjumlah 66 guru. Penelitian ini merupakan penelitian populasi karena seluruh individu dalam populasi diteliti. Metode pengambilan data yang digunakan adalah angket dan studi dokumentasi. Instrumen ini telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Uji persyaratan analisis meliputi uji normalitas, uji linearitas, dan uji multikolinearitas telah terpenuhi. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik analisis regresi linearberganda. Hasil penelitian ini menunjukkan sebagai berikut. (1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara latar belakang pendidikan terhadap profesionalitas guru yang dikuatkan dengan koefisien regresi 1,353 dan dibuktikan dengan t hitung 2,995 dengan kontribusi variabel latar belakang pendidikan terhadap profesionalitas guru sebesar 17,71 %. (2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pengalaman diklat teknis fungsional terhadap profesionalitas guru yang dikuatkan dengan koefisien regresi 2,110 dan dibuktikan dengan t hitung 4,072 dengan kontribusi variabel pengalaman diklat teknis fungsional terhadap profesionalitas guru sebesar 21,09 %. (3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara latar belakang pendidikan dan pengalaman diklat teknis fungsional secara bersama-sama terhadap profesionalitas guru yang ditunjukkan dengan harga F hitung lebih besar dari F tabel (19,932 > 3,143). Berdasarkan hasil analisis, diperoleh koefisien korelasi Ry (1,2) sebesar 0,623 dan koefisien determinan (R2y(1,2)) sebesar 0,388. Hal ini berarti 38,8% profesionalitas guru dipengaruhi oleh variabel latar belakang pendidikan dan pengalaman diklat teknis fungsional, sedangkan selebihnya yaitu 61,2% dapat dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini, seperti; pengalaman mengajar, motivasi guru dalam mengajar, lingkungan fisik sekolah, lingkungan sosial sekolah, upaya guru dalam mengembangkan karir dan lain sebagainya.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Admin Administrasi Pendidikan FIP
Date Deposited: 01 Jul 2015 07:07
Last Modified: 30 Jan 2019 00:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22292

Actions (login required)

View Item View Item