PEMANFAATAN SARANA PENDIDIKAN IPA PASCA GEMPA OLEH GURU SMA NEGERI 1 PIYUNGAN DAN SMA MUH. PIYUNGAN KABUPATEN BANTUL

Fitri, Widiastuti (2015) PEMANFAATAN SARANA PENDIDIKAN IPA PASCA GEMPA OLEH GURU SMA NEGERI 1 PIYUNGAN DAN SMA MUH. PIYUNGAN KABUPATEN BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Fitri Widiastuti.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan alat pelajaran, alat peraga dan media pendidikan IPA pasca gempa oleh Guru SMA Negeri 1 Piyungan dan SMA Muh. Piyungan Kabupaten Bantul. Pemanfaatan sarana pendidikan IPA di SMA Piyungan terdiri atas : (1) Pemanfaatan sarana pendidikan IPA pasca gempa oleh Guru, (2) Hambatan yang dialami dalam pemanfaatan sarana pendidikan IPA, (3) Upaya yang dilakukan oleh guru untuk mengoptimalkan pemanfaatan sarana pendidikan IPA. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian yaitu di SMA Negeri 1 Piyungan dan SMA Muh. Piyungan Kabupatn Bantul. Subyek penelitiannya yaitu Kepala Sekolah dan guru mata pelajaran IPA. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan yaitu reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian adalah sebagai berikut : (1) Pemanfaatan sarana pendidikan di SMA Negeri 1 Piyungan dan SMA Muh. Piyungan pasca gempa ini berjalan belum optimal hal ini dapat dketahui dari guru belum menggunakan variasi metode mengajar dikarenakan sarana pendidikan IPA terbatas, siswa belum terampil dalam melaksanakan praktek, pengawasan terhadap sarana pendidikan belum berjalan secara rutin, beban kerja guru banyak sehingga proses belajar mengajar tidak maksimal. (2) Hambatan yang dialami yaitu terbatasnya jumlah serta jenis sarana pendidikan IPA yang dimiliki, minimnya dana, terbatasnya waktu, banyaknya beban kerja guru dan rendahnya minat belajar serta ketrampilan siswa. (3) Upaya yang dilakukan untuk mengoptimalkan pemanfaatan sarana pendidikan yaitu membeli alat dan bahan sesuai kemampuan dana, menugaskan kepada siswa untuk membuat alat sendiri, membagi siswa menjadi beberapa kelompok, mengusulkan kepada kepala sekolah tentang pengajuan bantuan sarana pendidikan IPA kepada Dinas Pendidikan, memberikan ringkasan pokok materi, merencanakan pelatihan kepada siswa dalam menggunakan alat praktek.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Admin Administrasi Pendidikan FIP
Date Deposited: 01 Jul 2015 06:35
Last Modified: 30 Jan 2019 00:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22288

Actions (login required)

View Item View Item