IMPLEMENTASI BRAIN BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR GEOGRAFI KELAS X SMA NEGERI 1 GODEAN

NUGROHO, TRIYANTO PUSPITO (2011) IMPLEMENTASI BRAIN BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR GEOGRAFI KELAS X SMA NEGERI 1 GODEAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
Skripsi Full Geo 06405241049 TRIYANTO PUSPITO NUGROHO.swf - Accepted Version

Download (1MB)
[img] Text (FIS Digital)
Skripsi Full Geo 06405241049 TRIYANTO PUSPITO NUGROHO.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar geografi dengan pendekatan brain based learning dan mendapatkan bukti-bukti bahwa pendekatan ini dapat meningkatkan minat belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research). Lokasi penelitian di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Godean. Subjek penelitian adalah siswa kelas XB yang berjumlah dua puluh delapan orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi atau pengamatan langsung dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, paparan data serta penyimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya tersebut dilakukan dengan merekayasa lingkungan pembelajaran, yang meliputi; lingkungan psikologis, visual, warna, gambar, pengaturan tempat duduk, aroma dalam lingkungan serta suara. Pembelajaran disesuaikan dengan tahapan brain based learning, meliputi; pra-pemaparan, persiapan, akuisisi, elaborasi, inkubasi, verifikasi serta integrasi. Bukti-bukti peningkatan minat belajar siswa ditunjukkan dengan adanya peningkatan aktivitas siswa dalam mengajukan pertanyaan, memperhatikan penjelasan guru, menerima tugas yang diberikan, berdiskusi dengan teman, serta mencatat penjelasan guru. Selain itu, terjadi penurunan aktivitas negatif siswa selama proses belajar mengajar. Dapat disimpulkan bahwa pendekatan brain based learning dapat meningkatkan minat belajar geografi siswa kelas XB SMA Negeri 1 Godean, Yogyakarta. Kata kunci: brain based learning, minat belajar, geografi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Geografi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Geografi
Depositing User: Admin Pendidikan Geografi FIS
Date Deposited: 01 Jul 2015 06:31
Last Modified: 30 Jan 2019 00:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22286

Actions (login required)

View Item View Item