IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR AKUNTANSI PADA KOMPETENSI DASAR ADMINISTRASI DANA KAS KECIL SISWA KELAS XI AKUNTANSI 1 SMK YPKK 2 SLEMAN TAHUN AJARAN 2014/2015

Irfani Reza Pahlevi, Pahlevi (2015) IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR AKUNTANSI PADA KOMPETENSI DASAR ADMINISTRASI DANA KAS KECIL SISWA KELAS XI AKUNTANSI 1 SMK YPKK 2 SLEMAN TAHUN AJARAN 2014/2015. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Irfani Reza P_Snowball Throwing.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research ) yang bertujuan untuk meningkatkan Aktivitas Belajar Akuntansi Kompetensi Dasar Administrasi Dana Kas Kecil siswa Kelas XI Akuntansi 1 SMK YPKK 2 Sleman Tahun Ajaran 2014/2015 melalui penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing. Penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk kolaboratif dan partisipatif yang dilaksanakan dalam dua siklus. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi partisipasi dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan analisis data deskriptif dengan persentase kuantitatif. Analisis data kualitatif dilakukan dengan penyajian data dan penarikan kesimpulan, sedangkan analisis data deskriptif dengan persentase kuantitatif dilakukan dengan mendeskripsikan data kuantitatif yang diperoleh. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing dapat meningkatkan Aktivitas Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI Akutansi 1 SMK YPKK 2 Sleman. Hal ini didukung dengan data penelitian yang menunjukkan adanya peningkatan pada indikator membaca materi dan menandai hal-hal yang penting, membuat pertanyaan, menjawab pertanyaan dan mengemukakan pendapat pada saat diskusi, mendengarkan penjelasan guru dan diskusi dengan seksama, mengerjakan kasus/ tugas secara mandiri, merangkum materi dari guru dan diskusi, bekerjasama dengan teman sekelompok, melaksanakan permainan dengan melempar pertanyaan dan menjawab. Pada siklus 1 diperoleh rata-rata skor Aktivitas Belajar Akuntansi sebesar 65,52% dan pada siklus 2 diperoleh skor 82,40%, terjadi peningkatan Aktivitas Belajar Akuntansi sebesar 16,88%. Selain itu berdasarkan angket yang didistribusikan kepada siswa dapat disimpulkan pula bahwa terjadi peningkatan skor Aktivitas Belajar Akuntansi Siswa sebesar 11,62% dari skor siklus 1 sebesar 69,72% ke siklus 2 sebesar 81,34%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi > Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 02 Jul 2015 13:50
Last Modified: 30 Jan 2019 00:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22256

Actions (login required)

View Item View Item