KESIAPAN DOSEN JURUSAN PENDIDIKAN AKUNTANSI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA MENGHADAPI KONVERGENSI INTERNATIONAL FINANCIAL REPORTING STANDARDS

Risma Budi Prihanisa, Risma (2015) KESIAPAN DOSEN JURUSAN PENDIDIKAN AKUNTANSI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA MENGHADAPI KONVERGENSI INTERNATIONAL FINANCIAL REPORTING STANDARDS. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan dosen Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta dalam menghadapi konvergensi IFRS yang baru-baru ini diadopsi oleh Indonesia. Indikator yang digunakan untuk mengukur kesiapan dosen Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta dalam menghadapi konvergensi IFRS yaitu: 1) Familiaritas atau pemahaman dosen tentang IFRS 2) pelatihan dosen melalui seminar 3) ketersediaan dan penerapan IFRS pada materi pengajaran dan penggunaan buku pedoman berbasis IFRS 4) penyiapan modul dan pembuatan buku berbasis IFRS. Populasi dalam penelitian ini adalah para dosen Jurusan Pendidikan Akuntansi di Universitas Negeri Yogyakarta yang berjumlah 33 orang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan metode kuesioner. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dosen Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta masih belum siap menghadapi konvergensi IFRS dikarenakan masih ada 1 instrumen yang memiliki kecenderungan data sangat rendah. Familiaritas atau pemahaman dosen tentang IFRS berada pada kecenderungan data sangat tinggi dengan prosentase 96%. Pelatihan dosen melalui seminar berada pada kecenderungan data sangat tinggi yaitu sebesar 48%. Ketersediaan dan penerapan IFRS pada materi pengajaran dan penggunaan buku pedoman berbasis IFRS berada pada kecenderungan data tinggi yaitu sebesar 61%. Penyiapan modul dan pembuatan buku berbasis IFRS berada pada kecenderungan data sangat rendah yaitu sebesar 44%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi > Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 02 Jul 2015 13:50
Last Modified: 30 Jan 2019 00:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22253

Actions (login required)

View Item View Item