HUBUNGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL WALI KELAS DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 3 PACITAN TAHUN AJARAN 2011/2012

Royni Endah , Kusumawati (2012) HUBUNGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL WALI KELAS DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 3 PACITAN TAHUN AJARAN 2011/2012. S1 thesis, UNY.

[img] Text
cover-kata pengantar.docx

Download (45kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui komunikasi interpersonal wali kelas terhadap siswa SMK Negeri 3 Pacitan. (2) Mengetahui motivasi belajar siswa SMK Negeri 3 Pacitan. (3) Mengetahui hubungan komunikasi interpersonal wali kelas dengan motivasi belajar siswa SMK Negeri 3 Pacitan. Penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 3 Pacitan kelas X. Pelaksanaan penelitian dilakukan pada bulan Maret sampai Mei 2012. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif, dan populasi adalah semua siswa kelas X SMK Negeri 3 Pacitan. Pengambilan sampel menggunakan proporsional random sampling yang berjumlah 100 siswa dari 247 siswa dengan cara memberikan undian. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan angket dengan skala Likert 1-5 untuk mengukur variabel komunikasi interpersonal dan motivasi belajar. Uji persyaratan analisis yang digunakan yaitu uji normalitas dan uji linieritas. Uji hipotesis yang digunakan yaitu analisis korelasi person product moment dan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Komunikasi interpersonal wali kelas dengan siswa termasuk dalam kategori cukup dengan skor 69,6%. (2) Motivasi belajar siswa juga termasuk dalam kategori cukup dengan skor 65,7%. (3) Komunikasi interpersonal wali kelas mempunyai hubungan dengan motivasi belajar siswa dengan koefisien korelasi 0,441 dan dapat dikategorikan korelasi lemah, sedangkan harga koefisien korelasi dalam tabel dengan N=100 pada signifikan 5% adalah 0,195. Besar determinasi yaitu 0,194 atau 19,4%, sehingga motivasi belajar siswa hanya 19,4% ditentukan oleh komunikasi interpersonal wali kelas. Persamaan garis regresi yaitu y = 0,695x+37,556. Jadi kenaikan nilai X (komunikasi interpersonal) diikuti kenaikan motivasi belajar siswa (Y).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Users 1141 not found.
Date Deposited: 12 Jul 2012 01:16
Last Modified: 29 Jan 2019 14:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/2225

Actions (login required)

View Item View Item