REPRESENTASI KONDISI SOSIAL EKONOMI MASA KOLONIAL DAN IDE KEBANGSAAN DALAM NOVEL KERAJAAN RAMINEM KARYA SUPARTO BRATA (SEBUAH KAJIAN POSKOLONIAL)

Purwaningsih, Novi Sri (2012) REPRESENTASI KONDISI SOSIAL EKONOMI MASA KOLONIAL DAN IDE KEBANGSAAN DALAM NOVEL KERAJAAN RAMINEM KARYA SUPARTO BRATA (SEBUAH KAJIAN POSKOLONIAL). S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Novi Sri Purwaningsih 08210141022.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui representasi kondisi sosial ekonomi masa kolonial dalam novel Kerajaan Raminem karya Suparto Brata. Mengetahui ide kebangsaan yang terdapat dalam novel Kerajaan Raminem karya Suparto Brata. Mendeskripsikan upaya pribumi untuk mengaplikasikan wujud ide kebangsaan yang terdapat dalam novel Kerajaan Raminem karya Suparto Brata. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah novel Kerajaan Raminem karya Suparto Brata. Penelitian difokuskan pada permasalahan yang berkaitan dengan perjuangan yang dilakukan Teyi sebagai wujud ideologi kebangsaan. Permasalahan tersebut dikaji dengan teori poskolonial. Data diperoleh dengan cara teknik wawancara, rekam, teknik pustaka, simak, dan catat. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Keabsahan data diperoleh melalui validitas (semantis dan konstruk) dan reliabilitas (intrarater dan intereter). Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. 1) Representasi kondisi sosial ekonomi masa kolonial dalam novel Kerajaan Raminem karya Suparto Brata menunjukkan adanya kekacauan umum yang mengakibatkan timbulnya kelaparan, angka kematian meningkat, dan kesuburan menurun, terutama masa penjajahan Jepang. Selain itu, munculnya organisasi-organisasi militer pada masa penjajahan Jepang seperti heiho dan Peta menjadi tonggak perlawanan rakyat terhadap penjajah. 2) Ide kebangsaan yang terdapat dalam novel Kerajaan Raminem karya Suparto Brata meliputi sikap kebersamaan atau persatuan, memiliki motivasi, memiliki keyakinan, perilaku kepemimpinan, dan peningkatan wawasan. Hal ini menunjukkan bahwa dalam diri kaum perempuan sudah timbul kesadaran untuk melakukan perubahan, perilaku, sistem, mewujudkan cita-cita, dan cara-cara kehidupan perempuan dalam masyarakat. 3) Upaya pribumi mengaplikasikan wujud ide kebangsaan yang terdapat dalam novel Kerajaan Raminem karya Suparto Brata antara lain saling memberikan dukungan antara wanita tangsi saling memberikan dukungan antara wanita tangsi, menciptakan lapangan pekerjaan, menciptakan jalur perniagaan di bawah tangan, rajin membaca buku atau mempelajari hal-hal baru, dan bersikap teguh pendirian. Upaya pribumi mengaplikasikan wujud ide kebangsaan yang terdapat dalam novel Kerajaan Raminem karya Suparto Brata ini menunjukkan isu lokalistik dengan mengambil tokoh-tokoh yang berasal dari Jawa.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: representasi, ide kebangsaan, pribumi, penjajah, terjajah, teori poskolonial
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Indonesia FBS
Date Deposited: 01 Jul 2015 03:57
Last Modified: 30 Jan 2019 00:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22249

Actions (login required)

View Item View Item