PENGARUH MOTIVASI KERJA GURU PRODUKTIF TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA

Aharridla, Royhan (2015) PENGARUH MOTIVASI KERJA GURU PRODUKTIF TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Aharridla Royhan 08505241023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

PENGARUH MOTIVASI KERJA GURU PRODUKTIF TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA Oleh: Aharridla Royhan NIM. 08505241023 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi kerja guru produktif terhadap prestasi belajar siswa di SMK Negeri 3 Yogyakarta Metode penelitian ini merupakan pendekatan kuantitatif. Populasi diambil semua guru produktif di SMK N 3 Yogyakarta yang berjumlah 80 orang, yang kemudian diambil 30 orang untuk uji coba dan sisanya sebanyak 50 orang digunakan sebagai sampel penelitian atau teknik total sampling. Pengumpulan data motivasi kerja guru menggunakan angket skala Likert. Sementara variabel prestasi belajar siswa menggunakan teknik dokumentasi rata-rata nilai raport siswa semester gasal tahun pelajaran 2012/2013. Validasi yang digunaan merupakan validasi isi dengan analisis butir rumus Product Moment dan uji reabilitas menggunakan alpha Cronbach. Pengujian hipotesis dengan menggunkan uji F melalui analisis regresi sederhana yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analitis yaitu uji normalitas dan uji linieritas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecenderungan motivasi kerja guru secara keseluruhan adalah baik dengan prosentase kecenderungan 80 %. sedangkan prestasi belajar siswa juga menunjukan kecenderungan baik dengan prosesntase kecenderungan sebesar 74 %. Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan motivasi kerja guru terhadap prestasi belajar siswa di SMK Negeri 3 Yogyakarta, dibuktikan dengan uji F dengan koefisien determinan 0,325 (32,5%) yang berarti sumbangan motivasi kerja guru terhadap prestasi belajar siswa di SMKN 3 Yogyakarta sebesar 32,5% sedangkan sisanya 67,5% berasal dari variabel lain. Kata kunci : Motivasi Kerja Guru, dan Prestasi Belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 01 Jul 2015 03:47
Last Modified: 30 Jan 2019 00:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22245

Actions (login required)

View Item View Item