Agus, Widodo (2015) PENGARUH PENERAPAN DIKTAT TERHADAP PRESTASI SISWA PADA MATA PELAJARAN PEKERJAAN LAS DASAR DI SMK PIRI 1 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.
|
Text
Agus Widodo 08503242006.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
PENGARUH PENERAPAN DIKTAT TERHADAP PRESTASI SISWA PADA MATA PELAJARAN PEKERJAAN LAS DASAR DI SMK PIRI 1 YOGYAKARTA Oleh Agus Widodo NIM 08503242006 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan, (1) untuk mengetahui adanya peningkatan prestasi kelompok eksperimen setelah diberi perlakuan dengan diktat pada mata pelajaran pekerjaan las dasar di SMK PIRI 1 Yogyakarta. (2) untuk mengetahui adanya perbedaan prestasi antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol pada mata pelajaran pekerjaan las dasar di SMK PIRI 1 Yogyakarta. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 1 program keahlian teknik pemesinan SMK PIRI 1 Yogyakarta tahun pelajaran 2010-2011. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Quasi Experimental Design dengan bentuk Pretest Posttest Nonequivalent Control Group Design. Dalam desain ini terdapat dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen adalah kelas 1 TP1 yang terdiri dari 23 siswa dan kelompok kontrol adalah kelas 1 TP2 yang terdiri dari 21 siswa. Untuk mengetahui prestasi awalnya, ke dua kelompok tersebut diberi pretest. Kelompok eksperimen diberi perlakuan (treatment) dengan melaksanakan proses belajar mengajar menggunakan diktat, sedangkan kelompok kontrol tidak menggunakan diktat. Posttest dilakukan setelah subyek diberi perlakuan. Penelitian dilaksanakan di SMK PIRI 1 Yogyakarta mulai dari tanggal 21 Februari 2011 sampai dengan 7 maret 2011dalam tiga kali pertemuan, satu kali pertemuan selama empat jam pelajaran. Data diperoleh dengan menggunakan instrumen berupa tes obyektif dengan lima pilihan jawaban. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakanmenggunakan analisis deskriptif, yaitu dengan membandingkan rata-rata nilai dari hasil pretest dan posttest pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Perhitungan dilakukan dengan menggunakan software analisis data SPSS 17. Berdasarkan data hasil penelitian, (1) terjadi peningkatan prestasi pada kelompok eksperimen yang diberi perlakuan dengan diktat terjadi peningkatan prestasi dari rata-rata nilai awal 4,18 (pretest) menjadi 7,60 (posttest), sehingga terjadi kenaikan sebesar 3,42. Untuk kelompok kontrol terjadi peningkatan prestasi dari rata-rata nilai awal 4,15 (pretest) menjadi 5,80 (posttest), sehingga terjadi kenaikan sebesar 1,65. (2) terdapat perbedaan peningkatan prestasi antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Untuk kelompok eksperimen yang diberi perlakuan dengan diktat terjadi peningkatan prestasi sebesar (34,2%), sedangkan untuk kelompok kontrol terjadi peningkatan prestasi belajar sebesar (16,5%). Kata kunci: media pembelajaran, diktat, pekerjaan las dasar
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Mesin |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Margiyanti |
Date Deposited: | 01 Jul 2015 03:37 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 00:30 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22240 |
Actions (login required)
View Item |