BENTUK TUTURAN, TEMA DAN IMPLIKATUR DALAM WACANA KARTUN PANJI KOMING DI HARIAN KOMPAS EDISI HARI MINGGU BULAN JANUARI – DESEMBER 2011

Nurcahyo, Muhammad Sigit (2012) BENTUK TUTURAN, TEMA DAN IMPLIKATUR DALAM WACANA KARTUN PANJI KOMING DI HARIAN KOMPAS EDISI HARI MINGGU BULAN JANUARI – DESEMBER 2011. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Muhammad Sigit Nurcahyo 06210141005.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan bentuk tuturan yang terdapat dalam wacana kartun Panji Koming di Harian Kompas edisi hari Minggu bulan Januari-Desember 2011, (2) mendeskripsikan tema yang terdapat dalam wacana kartun Panji Koming di Harian Kompas edisi hari Minggu bulan Januari- Desember 2011 dan (3) mendeskripsikan implikatur yang terdapat dalam wacana kartun Panji Koming di Harian Kompas edisi hari Minggu bulan Januari-Desember 2011. Subjek penelitian ini adalah wacana tertulis melalui percakapan (dialog) yang terdapat dalam kartun Panji Koming di Harian Kompas edisi hari Minggu bulan Januari-Desember 2011. Objek yang menjadi bahan kajian dalam penelitian ini adalah bentuk tuturan, tema dan implikatur dalam kartun Panji Koming di Harian Kompas edisi hari Minggu bulan Januari-Desember 2011. Sementara itu, instrumen utama penelitian ini adalah human instrument, yaitu peneliti sendiri. Data dikumpulkan dengan metode simak, yang dilakukan dengan teknik simak dan teknik catat. Analisis data dilakukan dengan metode deskriptif dan metode padan pragmatik. Keabsahan data diperoleh melalui ketekunan peneliti dan pemeriksaan rekan sejawat. Selain itu, data yang ada juga dikonsultasikan kepada orang yang ahli dalam bidang linguistik, khususnya bidang pragmatik, di antaranya adalah dosen-dosen yang menguasai bidang pragmatik. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, yang terdapat dalam kartun Panji Koming di Harian Kompas edisi hari Minggu bulan Januari-Desember 2011 antara lain berupa 1) berita, 2) tanya, 3) perintah, 4) seru, 5) berita dan tanya, 6) berita dan perintah, 7) tanya dan perintah, 8) perintah dan seru, 9) tanya, perintah dan seru. Kedua, tema yang terdapat dalam kartun tersebut berupa 1) Kepemimpinan, 2) Hukum, 3) Korupsi, 4) Pembangunan, 5) Politik Kenegaraan, 6) Kekuasaan. Ketiga, implikatur yang terdapat dalam kartun tersebut berupa 1) informasi, 2) Sindiran, 3) Perintah, 4) Ajakan, 5) Larangan, 6) Permohonan, 7) Kritik, 8) Apresiasi, dan 9) Protes.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: bentuk tuturan, implikatur, wacana, kartun
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Indonesia FBS
Date Deposited: 01 Jul 2015 03:34
Last Modified: 30 Jan 2019 00:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22239

Actions (login required)

View Item View Item