Eweindra, - (2015) MANAJEMEN PENYELENGGARAAN KELAS RINTISAN SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL (RSBI) DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 5 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
Eweindra.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen penyelenggaraan kelas internasional di SMP N 5 Yogyakarta. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan tempat penelitian di SMP N 5 Yogyakarta. Sumber data penelitiannya yaitu koordinator urusan RSBI, wakil kepala sekolah urusan kesiswaan, wakil kepala sekolah urusan kurikulum, dan wakil kepala sekolah urusan sarana prasarana. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi, sedangkan analisis data menggunakan tekhnik analisis data kualitatif model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Manajemen peserta didik kelas internasional di SMP N 5 Yogyakarta dilakukan secara Terkomputerisasi menggunakan paket aplikasi sekolah (PAS) dari proses masuknya siswa di sekolah sampai keluar atau tamat. Seleksi penerimaan siswa baru menggunakan sistem real time online (RTO). Penempatan dan pembinaan dilaksanakan berdasarkan tes potensi akademik, psikotes, dan wawancara kemudian ditempatkan dan dibina melalui kegiatan ekstrakurikuler dan organisasi kesiswaan, serta pecinta mata pelajaran yang berorientasi pada olimpiade. (2) Tenaga pendidik kelas internasional di SMP N 5 Yogyakarta memiliki tingkat pendidikan minimal S1 sesuai bidang yang diajarkan, kemampuan bahasa Inggris secara aktif dalam pembelajaran sebagai bahasa pengantar, dan kemampuan menggunakan TIK. Penempatan dan penugasan menggunakan sistem team teaching. Pembinaan dilakukan dengan berbagai inservice training dan pemberian penghargaan bagi guru berprestasi. (3) Kelas internasional di SMP N 5 Yogyakarta menggunakan kurikulum nasional, khusus mata pelajaran Bahasa Inggris, Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi ditambah kurikulum plus, sedangkan bahasa pengantarnya menggunakan dua bahasa yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Hasil belajar siswa diukur melalui ujian sekolah, ujian nasional, dan dapat mengikuti ujian internasional untuk (4) Pengelolaan Fasilitas kelas internasional SMP N 5 Yogyakarta meliputi lima kegiatan, yaitu: perencanaan, pengadaan, pengaturan, penggunaan, dan penyingkiran sarana. Data fasilitas sekolah sudah dilakukan secara Terkomputerisasi (PAS). Pada setiap ruang kelas telas terpasang berbagai media pembelajaran berbasis teknologi informasi: OHP. Hotspot Internet, dan TV Edukasi, sedangkan LCD baru tersedia di Sembilan ruang kelas
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Administrasi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | Admin Administrasi Pendidikan FIP |
Date Deposited: | 01 Jul 2015 03:37 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 00:30 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22236 |
Actions (login required)
View Item |