Peningkatan Kompetensi Pengoperasian Sistem Pengendali Elektronik Siswa Kelas XI SMK Ma’arif 1 Wates Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Problem Solving

Agus, Subekti (2015) Peningkatan Kompetensi Pengoperasian Sistem Pengendali Elektronik Siswa Kelas XI SMK Ma’arif 1 Wates Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Problem Solving. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Agus Subekti 08501241008.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Peningkatan Kompetensi Pengoperasian Sistem Pengendali Elektronik Siswa Kelas XI SMK Ma’arif 1 Wates Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Problem Solving Oleh Agus Subekti 08501241008 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan metode problem solving dengan media pembelajaran berupa trainer mikrokontroler dalam meningkatkan kompetensi siswa kelas XI program keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Ma’arif 1 Wates Kulon Progo pada mata pelajaran Pembuatan Rangkaian Pengendali Dasar (PRPD). Penelitian ini merupakan penilitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dengan dua siklus masing – masing siklus tiga kali pertemuan. Setiap pertemuan terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi aktivitas siswa untuk mengetahui peningkatan aspek afektif siswa, instrument pretest dan posttest untuk mengetahui peningkatan aspek kognitif siswa dan lembar kegiatan praktek untuk mengetahui peningkatan pada aspek psikomotorik siswa. Penelitian ini menggunakan analisis data dengan mereduksi data, mendeskripsikan data dan membuat kesimpulan berdasarkan data yang sudah didapat. Kriteria keberhasilan kompetensi yang ditetapkan untuk masing-masing indikator adalah jumlah siswa yang tuntas 80% dan prestasi belajar sesuai dengan KKM di sekolah yaitu 76. Hasil penelitian diketahui bahwa setelah diterapkan model pembelajaran problem solving kompetensi siswa mengalami peningkatan. Hal ini terlihat dengan adanya peningkatan persentase semua penilaian aspek afektif siklus I pada pertemuan pertama sebesar 51,14% meningkat pada pertemuan kedua menjadi 63,46% dan pertemuan ketiga 72,50%. Persentase aspek afektif siklus II pertemuan pertama dengan rata-rata 75,04% meningkat pada pertemuan kedua 85,46% dan pada pertemuan ketiga dengan persentase 90,71%. Prestasi aspek kognitif siswa mengalami peningkatan dilihat dari nilai rata-rata KD 10.1 dan 10.2 pada pretest siklus I sebesar 6,23 meningkat pada posttest menjadi 7,83. Nilai rata-rata KD 10.3 dan 10.4 pada pretest siklus II dengan nilai 7,16 meningkat pada posttest dengan nilai 8,13. Nilai rata-rata aspek psikomotorik siklus I KD 10.1 adalah 8,01 meningkat pada KD 10.2 dengan nilai 8,55. Nilai rata-rata aspek psikomotorik siklus II KD 10.3 adalah 9,00 meningkat pada KD 10.4 dengan nilai 9,21. Hasil prestasi aspek afektif, kognitif dan psikomotorik siswa tersebut sudah memenuhi kriteria ketuntasan minimal. Kata kunci : penelitian tindakan kelas, problem solving, trainer mikrokontroler, kompetensi siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 01 Jul 2015 03:28
Last Modified: 30 Jan 2019 00:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22234

Actions (login required)

View Item View Item