PENGARUH INTELEGENSI DAN INTENSITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR TIK SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 DLINGO

Agus, Marwanto (2015) PENGARUH INTELEGENSI DAN INTENSITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR TIK SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 DLINGO. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Agus Marwanto 07520244112.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK PENGARUH INTELEGENSI DAN INTENSITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR TIK SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 DLINGO Oleh: Agus Marwanto NIM. 07520244112 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Tingkat intelegensi, intensitas belajar dan hasil belajar TIK, (2) Pengaruh intelegensi terhadap hasil belajar TIK, (3) Pengaruh intensitas belajar siswa terhadap hasil belajar, (4) Pengaruh intelegensi dan intensitas belajar siswa terhadap hasil belajar TIK. Penelitian ini termasuk penelitian ex post facto. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Dlingo yang telah melakukan tes psikologi saat masih berada di kelas X. Penelitian ini merupakan penelitian populasi dengan jumlah populasi sebanyak 63 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner) untuk variabel intensitas belajar serta dokumentasi untuk variabel intelegensi dan hasil belajar TIK. Uji validitas dilakukan dengan Judgement Experts dan teknik analisis Product Moment, uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Uji persyaratan analisis data menggunakan uji normalitas, linearitas dan multikolinearitas. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan regresi. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Kecenderungan tingkat intelegensi siswa berada pada kategori rata-rata sebesar 60%, intensitas belajar siswa berada pada kategori tinggi sebesar 43%, dan hasil belajar TIK siswa berada pada kategori belum tuntas sebesar 59%. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara intelegensi terhadap hasil belajar TIK dengan kuat pengaruh sebesar 9,1%, (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara intensitas belajar terhadap hasil belajar TIK dengan kuat pengaruh sebesar 15%, (4) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara intelegensi dan intensitas belajar terhadap hasil belajar TIK dengan kuat pengaruh sebesar 23%. Kata kunci: intelegensi, intensitas belajar dan hasil belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 01 Jul 2015 03:19
Last Modified: 30 Jan 2019 00:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22227

Actions (login required)

View Item View Item