HUBUNGAN HASIL BELAJAR MATA KULIAH TEKNOLOGI INFORMASI DENGAN PEMAHANAN DAN KETERAMPILAN MEMBUAT MEDIA PEMBELAJARAN PKN PADA MAHASISWA JURUSAN PKNH ANGKATAN 2001 FAKULTAS ILMU SOSIAL UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Rahmawati (2014) HUBUNGAN HASIL BELAJAR MATA KULIAH TEKNOLOGI INFORMASI DENGAN PEMAHANAN DAN KETERAMPILAN MEMBUAT MEDIA PEMBELAJARAN PKN PADA MAHASISWA JURUSAN PKNH ANGKATAN 2001 FAKULTAS ILMU SOSIAL UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
cover-daftar isi.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I SKRIPSI.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II SKRIPSI.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III SKRIPSI.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV SKRIPSI.pdf

Download (371kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V SKRIPSI.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN2.pdf

Download (439kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) hubungan hasil belajar mata kuliah teknologi informasi dengan pemahaman membuat media pembelajaran PKn pada mahasiswa PKnH angkatan 2011 Universitas Negeri Yogyakarta, 2) hubungan nilai teknologi informasi dengan keterampilan membuat media pembelajaran PKn pada mahasiswa PKnH angkatan 2011 Universitas Negeri Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa PKnH angkatan 2011 Universitas Negeri Yogyakarta yang berjumlah 82 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik population sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 82 mahasiswa. Metode pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Uji coba instrumen menggunakan uji validitas dan uji reabilitas. Uji validitas yang digunakan adalah uji validitas isi dan uji validitas eksternal. Hasil uji validitas isi ada dua butir soal yang tidak relevan. Pada uji validiyas eksternal menunjukka dua butir soal yang gugur. Pengujian reliabilitas dihitung dengan rumus KR 21.Hasil uji reliabilitas adalah 0,915 yang berarti kurang dari 0,6 sehingga dapat dikatakan reliabel. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat analisis dan uji hipotesis. Uji prasyarat analisis menggunakan uji linearitas. Pengujian hipotesis menggunakan analisis bivariat. Pada penelitian ini menggunakan korelasi product moment untuk menguji hubungan variabel dengan tingkat signifikansi sebesar 5%. Berdasarkan analisis data dapat diperoleh kesimpulan sebagai berikut. Pertama, ada hubungan yang positif dan signifikan antara nilai teknologi informasi dengan pemahaman membuat media pembelajaran pada mahasiswa PKnH angkatan 2011. Hal ini dibuktikan dari nilai r hitung lebih besar dari r tabel (0,487>0,220) dan nilai signifikansi sebesar 0,000, yang berarti kurang dari 0,05 (0,000<0,05). Kedua, ada hubungan yang positif dan signifikan antara nilai teknologi informasi dengan keterampilan membuat media pembelajaran pada mahasiswa PKnH angkatan 2011. Hal ini dibuktikan dari nilai r hitung lebih besar dari r tabel (0,548>0,220) dan nilai signifikansi sebesar 0,000, yang berarti kurang dari 0,05 (0,000<0,05). Kata kunci : hasil belajar mata kuliah teknologi informasi, pemahaman dan keterampilan membuat media pembelajaran

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum
Depositing User: Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS
Date Deposited: 02 Jul 2015 00:37
Last Modified: 30 Jan 2019 00:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22223

Actions (login required)

View Item View Item