PERAN SERTA DAN KETERLIBATAN MASYARAKAT DALAM PENYELENGGARAAN POS PELAYANAN TERPADU TERINTEGRASI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI KECAMATAN KALASAN

Erna Kurniawati, Pamungkas (2015) PERAN SERTA DAN KETERLIBATAN MASYARAKAT DALAM PENYELENGGARAAN POS PELAYANAN TERPADU TERINTEGRASI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI KECAMATAN KALASAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Erna Kurniawati Pamungkas.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran serta dan keterlibatan masyarakat dalam penyelenggaraan Posyandu terintegrasi pendidikan anak usia dini di Kecamatan Kalasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan ragam teknik yaitu wawancara dan dokumentasi. Sumber informasi utama dalam penelitian ini adalah Ketua Posyandu terintegrasi pendidikan anak usia dini serta sumber informasi penunjang yaitu masyarakat yang terdiri dari orang tua, warga sekitar, serta Kepala Dusun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: peran serta masyarakat di Kecamatan Kalasan dalam penyelenggaraan Posyandu terintegrasi pendidikan anak usia dini masih kurang karena berbagai faktor seperti kurangnya antusiasme masyarakat dan sosialisasi yang belum optimal. Posyandu terintegrasi pendidikan anak usia dini yang masih berfungsi selain karena memiliki kader sebagai pengelola juga karena adanya peran serta dan keterlibatan orang tua, warga sekitar, pamong desa serta tokoh masyarakat setempat. Bentuk peran serta dan keterlibatan tersebut masih terbatas pada pemberian dana sukarela, sumbangan tenaga, gagasan serta cenderung sekedar memenuhi kewajiban seperti membayar SPP dan bantuan wajib lainnya. Bentuk dukungan tersebut dimanfaatkan Posyandu terintegrasi pendidikan anak usia dini untuk perbaikan penyelenggaraan seperti pemenuhan dan perbaikan fasilitas belajar dan pembinaan kader. Sedangkan keberlangsungan beberapa pendidikan swadaya masyarakat seperti Posyandu terintegrasi pendidikan anak usia dini sangat tergantung pada keberadaan pengelola yang mampu mengelola secara berkesinambungan serta dukungan masyarakat kepada Posyandu terintegrasi pendidikan anak usia dini dan sebaliknya sehingga terjalin komunikasi yang baik di antara keduanya.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Admin Administrasi Pendidikan FIP
Date Deposited: 01 Jul 2015 03:03
Last Modified: 30 Jan 2019 00:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22216

Actions (login required)

View Item View Item