PERAN KEPALASEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAMMENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESI GURU DI SMPSWASTASE-KECAMATANGONDOKUSUMAN YOGYAKARTA

EkoAndri, Susanto (2015) PERAN KEPALASEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAMMENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESI GURU DI SMPSWASTASE-KECAMATANGONDOKUSUMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
EKO ANDRI SUSANTO.pdf

Download (30MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan kompetensi profesional guru di SMP Swasta se-Kecamatan Gondokusuman Yogyakarta; (2) peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam pencapaian pelaksanaan kompetensi profesional guru di SMP Swasta se-Kecamatan Gondokusuman Yogyakarta; (3) faktor-faktor yang menghambat peran kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi profesional gurudi SMP SwastaSe-KecamatanGondokusumanYogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di delapan SMP Swasta se- Kecamatan Gondokusuman Yogyakarta. Subyek penelitian ini adalah Kepala Sekolah di SMP Swasta se-Kecamatan Gondokusuman Yogyakarta. Data diperoleh dengan menggunakan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Teknik keabsahan data menggunakan teknik analisis datakualitatifmodel interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan kompetensi profesi guru di SMP Swasta seKecamatan Gondokusuman adalah merencanakan program supervisi akademik, melaksanakan supervisi akademik dengan menggunakan pendekatan dan teknik supervisi yang tepat, serta menindaklanjuti hasil supervisi tersebut (2) peran Kepala Sekolah di SMP Swasta se-Kecamatan Gondokusumsn Yogyakarta dalam pencapaian pelaksanaan kompetensi profesional guru adalah mengawasi penyusunan silabus dan pembuatan RPP, memberikan motivasi kerja dan meningkatkan kompetensi profesional guru dengan cara inservice training dan upgrading (3) hambatan peran kepala sekolah dalam pelaksanaan kompetensi guru di SMP Swasta se-Kecamatan Gondokusuman pada umumnya berkaitan dengan kurangnya pendidikan dan pelatihan bagi guru, lemahnya motivasi guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar (KBM) serta kurangnya sarana danprasaranapendidikan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Admin Administrasi Pendidikan FIP
Date Deposited: 01 Jul 2015 02:56
Last Modified: 30 Jan 2019 00:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22210

Actions (login required)

View Item View Item