MODEL PENANAMAN NILAI-NILAI MORAL RELIGIUS DI PANTI SOSIAL BINA REMAJA KABUPATEN SLEMAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Diah, Pawestri (2012) MODEL PENANAMAN NILAI-NILAI MORAL RELIGIUS DI PANTI SOSIAL BINA REMAJA KABUPATEN SLEMAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh model penanaman nilai-nilai moral keagamaan pada remaja di PSBR cenderung kurang efektif. Hal ini terlihat dari model dan metode yang disampaikan oleh pembimbing yang masih monoton, sehingga terlihat remaja Nampak jenuh dalam mengikuti bimbingan keagamaan dengan model dan metode penanaman nilai-nilai moral keagamaan yang demikian. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan model penanaman nilai-nilai moral religius di Panti Sosial Bina Remaja Kabupaten Sleman DIY;dan, (2) mengetahui kontribusi penanaman nilai-nilai moral religius di PSBR untuk membentuk remaja sebagai warga negara yang berkarakter religius. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala PSBR, guru pembimbing keagamaan, guru asuh remaja selama di asrama, dan remaja putra dan putri penghuni PSBR. Objek penelitian ini berupa model penanaman nilai-nilai moral religius dan kontribusi penanaman nilai-nilai moral religius. Tempat penelitian berada di PSBR Kabupaten Sleman DIY. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi dengan sumber data dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, model penanaman nilainilai moral religius di PSBR mencakup: (a) berbagai model dan metode yang bervariasi dalam setiap bimbingan keagamaan, seperti model pengajaran nilainilai dalam bentuk collective worship, decision-making, model deduktif dan induktif. Metode yang disampaikan juga bervariasi seperti metode ceramah, individu, diskusi, dan keteladanan dari pembimbing,(b) mengajarkan kepada remaja tentang pentingnya nilai-nilai moral keagamaan bagi kehidupan. Kedua, PSBR ikut berperan penting dalam pembentukan remaja sebagai warga negara yang mempunyai karakter religius dalam kehidupan sebagai insan yang bertaqwa kepada Tuhan YME. Dalam hal ini PSBR memberikan kontribusi untuk: (a)mewujudkan remaja sebagai warga negara yang berkarakter religius dengan disediakannya fasilitas tempat ibadah untuk beribadah, mendatangkan pembimbing keagamaan dari luar PSBR, (b) memberikan arahan yang baik kepada remaja agar mempunyai sifat religius, berdisiplin tinggi dan mempunyai nilai-nilai karakter religius, agar remaja menjadi warga negara yang berkarakter religius.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Ilmu Sosial > Multikultural
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum
Depositing User: Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS
Date Deposited: 02 Jul 2015 00:36
Last Modified: 30 Jan 2019 00:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22207

Actions (login required)

View Item View Item