PENGEMBANGAN MODUL “HIDROSFER SEBAGAI SUMBER KEHIDUPAN” DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK PEMBELAJARAN GEOGRAFI SMA

Gurnito, Dwidagdo (2014) PENGEMBANGAN MODUL “HIDROSFER SEBAGAI SUMBER KEHIDUPAN” DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK PEMBELAJARAN GEOGRAFI SMA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
1. HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 Bab I.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 Bab II.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 Bab III.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 Bab IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 Bab IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 ABSTRAK.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 Bab V.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (24MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul “Hidrosfer sebagai Sumber Kehidupan” dengan pendekatan saintifik untuk pembelajaran geografi di SMA yang teruji dalam kelayakan komponen materi, bahasa dan gambar,penyajian, dan tampilannya. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) yang mengacu pada model pengembangan pembelajaran Dick and Carey. Prosedur pengembangannya meliputi empat tahap yaitu tahap analisis kebutuhan, tahap desain produk, tahap validasi dan evaluasi, dan tahap produk akhir. Tahap analisis kebutuhan bertujuan untuk memperoleh informasi yang digunakan untuk menentukan materi,Kompetensi, jumlah bab, judul modul, dan konsep desain modul yang dikembangkan. Tahap desain produk merupakan proses penyusunan dan pengorganisasian materi pembelajaran dari suatu kompetensi atau sub kompetensi menjadi satu kesatuan materi pembelajaran yang sistematis. Tahap validasi dan evaluasi adalah tahap untuk menguji kelayakan dan mendapatkan umpan balik guna melakukan perbaikan modul yang dikembangkan. Tahap produk akhir adalah tahap penyempurnaan modul yang dikembangkan sehingga siap digunakan dalam pembelajaran geografi di SMA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul “Hidrosfer sebagai Sumber Kehidupan” ini telah teruji memiliki kelayakan dalam empat komponen, yaitu komponen materi, bahasa dan gambar, penyajian, dan tampilan. Hasil penilaian dari validator yang terdiri atas ahli materi, ahli media, dan guru geografi SMA menyatakan bahwa semua komponen masuk dalam kategori “Sangat Baik”. Hasil uji keterbacaan siswa kelompok kecil menunjukkan keempat komponen kelayakan modul masuk dalam kategori “Baik”. Sedangkan berdasarkan hasil uji keterbacaan siswa kelompok besar seluruh komponen kelayakan modul masuk dalam kategori “Sangat Baik”. Dengan demikian modul “Hidrosfer sebagai Sumber Kehidupan” setelah direvisi sesuai saran dari pihak-pihak terkait, sangat layak digunakan dalam pembelajaran geografi di SMA. Kata kunci: Modul, Hidrosfer, Sumber Kehidupan, Saintifik

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Geografi > Geografi Umum
Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Geografi
Depositing User: Admin Pendidikan Geografi FIS
Date Deposited: 01 Jul 2015 02:19
Last Modified: 30 Jan 2019 00:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22185

Actions (login required)

View Item View Item