ANALISIS PRINSIP KERJA SAMA PADA KOMUNIKASI FACEBOOK (Studi Kasus pada Mahasiswa Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Yogyakarta Angkatan 2007)

Yulaehah, Fikri (2012) ANALISIS PRINSIP KERJA SAMA PADA KOMUNIKASI FACEBOOK (Studi Kasus pada Mahasiswa Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Yogyakarta Angkatan 2007). S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Fikri Yulaehah 07210141008.pdf

Download (35MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk pelanggaran prinsip kerja sama yang terjadi pada komunikasi facebook oleh mahasiswa Bahasa dan Sastra Indonesia UNY angkatan 2007. Penelitian ini juga bertujuan untuk mendeskripsikan penyebab pelanggaran terhadap prinsip kerja sama, yaitu fungsi pelanggaran prinsip kerja sama pada komunikasi facebook oleh mahasiswa BSI UNY angkatan 2007. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah tuturan pada status dan komentar yang dibuat oleh mahasiswa BSI UNY angkatan 2007. Objek kajian dalam penelitian ini adalah tuturan pelanggaran prinsip kerja sama dan fungsi pelanggaran prinsip kerja sama pada komunikasi facebook oleh mahasiswa BSI UNY angkatan 2007. Instrumen penelitian ini adalah human instrument dan wawancara. Human instrument dilakukan dengan mengandalkan pengetahuan peneliti, sedangkan wawancara dilakukan dengan wawancara baku terbuka. Data penelitian dikumpulkan dengan metode simak dengan teknik baca dan catat. Analisis data dilakukan dengan metode padan dengan submetode padan referensial. Keabsahan data diperoleh melalui Expert Judgement) dan Tringulasi Sumber (Wawancara). Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, pelanggaran rinsip kerja sama pada komunikasi facebook oleh mahasiswa BSI UNY angkatan 2007 terdiri dari 4 maksim dan 7 maksim hasil perpaduan antara maksim kuantitas, maksim kualitas, maksim relevansi, dan maksim cara. Kedua, fungsi pelanggaran prinsip kerja sama pada komunikasi facebook oleh mahasiswa BSI UNY angkatan 2007 terdiri dari 3 fungsi utama, yaitu fungsi ekspresif, fungsi direktif, dan fungsi representatif. Ketiga fungsi tersebut memiliki fungsi turunan, yaitu fungsi ekspresif terdiri dari fungsi menyampaikan basa-basi dan fungsi memohon maaf; fungsi direktif terdiri dari fungsi menyampaikan saran, menyindir, meminta informasi, menghina, dan meminta konfirmasi; serta fungsi representatif terdiri dari fungsi mencurahkna isi hati, memberi informasi, membenarkan, dan mengungkapkan rasa kesal.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: maksim, ekspresif, direktif, representatif
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Indonesia FBS
Date Deposited: 01 Jul 2015 01:56
Last Modified: 30 Jan 2019 00:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22183

Actions (login required)

View Item View Item