ANALISIS STRUKTUR MIKRO WACANA IKLAN “BIRO JODOH” PADA KORAN KOMPAS MINGGU

Prawesti, Dita Ayu (2012) ANALISIS STRUKTUR MIKRO WACANA IKLAN “BIRO JODOH” PADA KORAN KOMPAS MINGGU. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dita Ayu Prawesti 05210141009.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan struktur mikro wacana yang terdapat di dalam wacana iklan biro jodoh koran Kompas Minggu. Subjek penelitian ini adalah iklan biro jodoh yang terdapat di dalam surat kabar nasional Kompas edisi hari minggu, periode bulan Desember 2010 sampai Februari 2011. Iklan “Biro Jodoh” koran Kompas Minggu ini ada di dalam rubrik yang namanya “Pertemuan”. Objek penelitiannya yaitu struktur mikro wacana(struktur mikro semantik, sintaksis, leksikon, dan retorika) serta penggunaan struktur mikro yang ada di dalam iklan biro jodoh koran Kompas Minggu. Data diperoleh dengan metode simak dan metode sadap dengan teknik lanjutan, tekniknya adalah simak bebas libat cakap (SBLC) dan teknik catat. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode padan dengan teknik padan ortografis dan padan referensial, serta metode distribusional (metode agih). Keabsahan data secara intrarater diperoleh melalui ketekunan pengamatan wacana iklan “Biro Jodoh” yang ada di dalam koran Kompas Minggu dan penggunaan buku-buku yang berkaitan dengan struktur mikro analisis wacana, sedangkan kebasahan data secara interrater diperoleh melalui diskusi dengan rekan sejawat. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, elemen-elemen semantik yang terdapat di dalam iklan “Biro Jodoh” pada koran Kompas adalah elemen latar, elemen detil, dan elemen maksud. Elemen latar terdiri atas latar harapan dan latar kepraktisan. Elemen detil terdiri atas detil identitas diri dan detil gambar. Elemen maksud berupa wujud eksplisit. Kedua, elemen-elemen sintaksis yang terdiri dari elemen koherensi, elemen kata ganti, dan elemen bentuk kalimat. Elemen koherensi terdiri atas elemen koherensi penjelas yang dapat dilihat di dalam pencantuman status para pesertanya. Elemen kata ganti yang terdiri atas penggantian nama diri dengan penyebutan status peserta iklan biro jodoh. Elemen bentuk kalimat berupa kata yang mempunyai arti ‘menginginkan’ atau ‘membutuhkan’ dengan kelengkapan fungsi cenderung diawali oleh predikat (P) dengan pelesapan subjek (S). Ketiga, elemenelemen leksikon terdiri dari abreviasi, kosakata, dan adjektiva. Abreviasi terdiri atas penyingkatan dan akronimi. Kosakata berupa penggunaan kosakata yang khas yang menyatakan hubungan relasional. Adjektiva berupa penggunaan kata-kata adjektiva yang mempunyai makna positif. Keempat, elemen-elemen retorika terdiri dari gaya bahasa yang tidak resmi dan ekspresi dalam bentuk huruf yang ditebalkan, pemakaian ukuran huruf yang standar, serta pemakaian gambar dalam bentuk foto diri.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: struktur mikro wacana (semantik, sintaksis, leksikon, dan retorika), koran Kompas Minggu, biro jodoh
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Indonesia FBS
Date Deposited: 01 Jul 2015 01:40
Last Modified: 30 Jan 2019 00:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22176

Actions (login required)

View Item View Item