AKHLAK ISLAM TOKOH UTAMA DALAM HUBUNGANNYA DENGAN TOKOH LAIN DALAM NOVEL KETIKA CINTA BERTASBIH KARYA HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY

Sholahuddin, Aan (2012) AKHLAK ISLAM TOKOH UTAMA DALAM HUBUNGANNYA DENGAN TOKOH LAIN DALAM NOVEL KETIKA CINTA BERTASBIH KARYA HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Aan Sholahuddin 05210141012.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perwujudan akhlak Islam tokoh utama dalam hubungannya dengan tokoh lain dalam novel Ketika Cinta Bertasbih karya Habiburrahman El Shirazy dengan tinjauan pendekatan pragmatik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian adalah novel Ketika Cinta Bertasbih karya Habiburrahman El Shirazy terbitan SenimArt yang bekerja sama dengan Basmala Pesantren Karya dan Wirausaha pada tahun 2009 dengan tebal 738 halaman. Penelitian ini difokuskan pada perwujudan akhlak Islam tokoh utama dalam hubungannya dengan tokoh lain. Data diperoleh dengan menggunakan metode baca catat, metode studi kepustakaan, dan metode deskripsi. Keabsahan data diperoleh melalui validitas data. Hasil analisis menunjukkan bahwa perwujudan akhlak Islam tokoh utama dalam hubungannya dengan tokoh lain yaitu (1) dengan orang tua; kasih sayang, tanggung jawab, dan hormat. (2) dengan masyarakat; tolong-menolong, menepati janji, silaturrahim, jujur, bermusyawarah, baik hati, persaudaraan, dan bijaksana. Akhlak Islam ini diperankan oleh tokoh yang berbeda-beda. Tokoh yang paling banyak mendominasi akhlak Islam adalah Azzam.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pendekatan pragmatik, akhlak Islam
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Indonesia FBS
Date Deposited: 01 Jul 2015 01:27
Last Modified: 30 Jan 2019 00:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22171

Actions (login required)

View Item View Item