KUALITAS AIR TELAGA PALANG PANING SEBAGAI BAHAN BAKU AIR MINUM DI KECAMATAN MANDOR KABUPATEN LANDAK PROVINSI KALIMANTAN BARAT

WIYONO, HADI (2011) KUALITAS AIR TELAGA PALANG PANING SEBAGAI BAHAN BAKU AIR MINUM DI KECAMATAN MANDOR KABUPATEN LANDAK PROVINSI KALIMANTAN BARAT. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
Skripsi Full Geo 07405249013 Hadi Wiyono.swf - Accepted Version

Download (2MB)
[img] Text (FIS Digital)
Skripsi Full Geo 07405249013 Hadi Wiyono.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan kualitas air Telaga Palang Paning di Kecamatan Mandor Kabupaten Landak Provinsi Kalimantan Barat sebagai bahan baku air minum menurut PP RI No. 82 Tahun 2001. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif karena mendeskripsikan pemanfaatan air Telaga Palang Paning sebagai bahan baku air minum di Kecamatan Mandor Kabupaten Landak Provinsi Kalimatan Barat. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan air yang ada di Telaga Palang Paning, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah air telaga dengan tehnik pengambilan sampel purposive random sampling. Teknik pengumpulan data primer melalui observasi uji laboratorium di Unit Laboratorium Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat di Jalan Dr. Soedarso Sei Raya Pontianak, sedangkan untuk data sekunder dilakukan melalui dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif laboratories. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas air Telaga Palang Paning pada umumnya hampir memenuhi kriteria sebagai bahan baku air minum. Dari hasil uji Laboratorium Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat, parameter fisik sampel air tidak ada yang menyimpang dari batas maksimum yang diperbolehkan. Unsur fisik yang diteliti meliputi Suhu dan TDS. Pada parameter kimia sampel air telaga terdapat beberapa unsur yang melebihi standar baku air minum yang telah ditetapkan. Unsur kimia meliputi Arsen, Amoniak, Besi, COD, BOD, DO, Fluorida, Kesadahan, Merkuri, Mangan, Nitrat, Nitrit, pH, Sulfat, Sulfida dan Tembaga. Beberapa unsur tersebut nilai kandungannya mendekati batas maksimum meliputi Merkuri (Hg) kandungannya sebesar 0,2 ppb sedangkan batas maksimumnya 2 ppb dan nilai COD sebesar 8 mg/l sedangkan batas maksimumnya 10 mg/l. Unsur yang tidak memenuhi standar antara lain Kandungan Oksigen Terlarut (DO) yang hanya 5,2 mg/l sedangkan syarat minimalnya adalah 6 mg/l, kemudian kadar pH dengan nilai 6,2 sedangkan syarat yang ditetapkan adalah 6,5-9. Parameter biologi meliputi Total Coliform sebesar 1600/100 ml dan Bakteri E. Coli sebesar nol atau negatif. Secara umum, air Telaga Palang Paning layak digunakan untuk pemenuhan kebutuhan air minum karena beberapa unsur yang tidak memenuhi standar baku mutu yang terdiri dari DO dan pH dapat diatasi dengan mudah.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Geografi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Geografi
Depositing User: Admin Pendidikan Geografi FIS
Date Deposited: 01 Jul 2015 01:11
Last Modified: 30 Jan 2019 00:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22168

Actions (login required)

View Item View Item