PENGELOLAAN SARANA PADA PROGRAM PAUD PERCONTOHAN NASIONAL DI SKB BANJARNEGARA KABUPATEN BANJARNEGARA

Dhian Ekawati, Yuliana (2015) PENGELOLAAN SARANA PADA PROGRAM PAUD PERCONTOHAN NASIONAL DI SKB BANJARNEGARA KABUPATEN BANJARNEGARA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dhian Ekawati Yuliana.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan pengelolaan sarana pada program PAUD Percontohan Nasional di SKB Banjarnegara Kabupaten Banjarnegara dengan menitik beratkan pada: 1. Pengelolaan sarana 2. Persiapan PAUD Percontohan Nasional 3. Hambatan dalam pengelolaan sarana, 4. Cara mengatasi hambatan. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan deskriptif. Sumber datanya adalah tutor dan pengelola PAUD (Ketua dan Sekertaris). Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan analisis dokumentasi. Analisis data penelitian yaitu deskriptif kualitatif. Keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Pengelolaan meliputi: a. Perencanaan sarana, yaitu dengan: menganalisis kebutuhan sarana dengan acuan RPP, menetapkan skala prioritas, menetapkan sarana yang akan diadakan, menentukan dana berasal dari Orang Tua; APBN dan APBD, inventarisasi dilakukan oleh TU. b. Pelaksanaan. Pengadaan melalui: Pembelian dengan mendatangi P2-PNFI dan kerjasama dengan pihak luar, Pemberian pemerintah/hibah. Pemanfaatan sarana dilakukan menurut jadwal yang dibagi menurut sentra-sentra pembelajaran dan pada waktu istirahat. Penyimpanan dan pemeliharaan, meliputi: 1) Penghitungan sarana 2) Penyimpanan 3) Pemelihaaan sehari-hari dan berkala 4) Rekapitulasi. Penghapusan barang dilakukan pengelola dengan cara di bakar, disertai dokumentasi dan berita acara. c. Pengawasan, dilakukan oleh tutor, pengelola, pengawas Provinsi dan Dirjen PAUD. 2. Persiapan menjadi PAUD Percontohan Nasional dengan penerapan konsep BCCT, peningkatan kualitas tutor, peningkatan sarana, dan pemanfaatannya. 3. Hambatan dalam pengelolaan seperti kurangnya: keamanan sarana karena banyak hewan yang merusak sarana, tenaga pengajar, kemampuan tutor dalam membuat RPP, kemampuan tutor dalam mengelola kelas, pengawasan dan ruangan untuk pembelajaran. 4. Cara mengatasi hambatan yaitu dengan menambah: jumlah tutor, ruangan untuk pembelajaran, pelatihan kepada tutor, melakukan penyimpanan dan pemanfaatan sarana dan pengawasan rutin oleh pengelola PAUD Putra Sanggar I.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Admin Administrasi Pendidikan FIP
Date Deposited: 30 Jun 2015 07:45
Last Modified: 30 Jan 2019 00:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22145

Actions (login required)

View Item View Item