PENGARUH PERSEPSI SISWA DAN INTERAKSI TEMAN SEBAYA TERHADAP MINAT STUDI KE SMK SISWA SMP NEGERI 1 PLERET BANTUL

Adinda, Farrah Diba (2015) PENGARUH PERSEPSI SISWA DAN INTERAKSI TEMAN SEBAYA TERHADAP MINAT STUDI KE SMK SISWA SMP NEGERI 1 PLERET BANTUL. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Adinda Farrah Diba - 08511241013.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

PENGARUH PERSEPSI SISWA DAN INTERAKSI TEMAN SEBAYA TERHADAP MINAT STUDI KE SMK SISWA SMP NEGERI 1 PLERET BANTUL Adinda Farrah Diba 08511241013 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Persepsi siswa SMP N 1 Pleret terhadap SMK; (2) Interaksi teman sebaya dalam rangka melanjutkan studi ke SMK pada siswa di SMPN 1 Pleret; (3) Minat siswa SMPN 1 Pleret untuk melanjutkan studi ke SMK; (4) Pengaruh persepsi siswa tentang SMK terhadap minat siswa SMPN 1 Pleret untuk melanjutkan studi ke SMK; (5) Pengaruh interaksi teman sebaya terhadap minat siswa SMPN 1 Pleret untuk melanjutkan studi ke SMK; (6) Pengaruh secara bersama-sama persepsi siswa tentang SMK dan interaksi teman sebaya terhadap minat siswa SMPN 1 Pleret untuk melanjutkan studi ke SMK. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto. Populasi penelitian adalah Siswa SMP Negeri 1 Pleret yang berjumlah 648 siswa. Besarnya sampel yang diambil adalah 120 siswa dengan teknik stratified random sampling. Pengumpulan data dengan angket/kuesioner. Uji coba instrumen dilaksanakan pada 30 responden. Uji validitas dilakukan dengan teknik korelasi Product Moment dari Pearson Hasil uji validitas nilai r hitung >3,61 hasil menunjukkan angket persepsi siswa, interaksi teman sebaya, dan angket minat studi ke SMK sebanyak 45, 23, dan38 valid, sedangkan uji reliabilitas digunakan rumus Alpha Cronbach. Hasil uji coba reliabilitas didapatkan hasil 0,953; 0,884 dan 0,953 yang dapat dikategorikan sangat tinggi.Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif dan analisis regresi ganda, dengan signifikansi 5%. Hasil penelitian diperoleh kesimpulan: (1) Persepsi siswa SMPN 1 Pleret terhadap SMK kategori tinggi yaitu 66 siswa (55%); (2) Interaksi teman sebaya dalam rangka melanjutkan studi ke SMK pada siswa di SMPN 1 Pleret kategori sedang yaitu 61 siswa (50,8%); (3) Minat siswa SMPN 1 Pleret untuk melanjutkan studi ke SMK kategori tinggi yaitu 61 siswa (50,8%); (4) Terdapat pengaruh positif dan signifikan persepsi siswa tentang SMK terhadap minat studi ke SMK pada siswa SMPN 1 Pleret Bantul yang ditunjukkan nilai thitung (10,538)> ttabel (1,65798) dan mempengaruhi minat ke SMK sebesar 48,5%; (5) Terdapat pengaruh positif dan signifikan interaksi teman sebaya terhadap minat studi ke SMK pada siswa SMPN 1 Pleret Bantul yang ditunjukkan nilai thitung (5,745)> ttabel (1,65798) dan mempengaruhi minat ke SMK sebesar 21,9% ;(6)Terdapat pengaruh positif dan signifikan persepsi siswa tentang SMK dan interaksi teman sebaya secara bersama-sama terhadap minat melanjutkan studi ke SMK pada siswa SMPN 1 Pleret Bantul yang ditunjukkan nilai Fhitung (67,514)> Ftabel (3,07) keduanya mempengaruhi Minat ke SMK sebesar 53,6%. Kata Kunci : Persepsi, Interaksi Teman Sebaya, Minat Studi ke SMK

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 30 Jun 2015 07:29
Last Modified: 30 Jan 2019 00:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22137

Actions (login required)

View Item View Item