IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KEPEMUDAAN BERBASIS KECAKAPAN HIDUP DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN NARKOTIKA KLAS IIA YOGYAKARTA

Arini Desi Saraswati, Arini (2015) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KEPEMUDAAN BERBASIS KECAKAPAN HIDUP DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN NARKOTIKA KLAS IIA YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
ARINI DESI SARASWATI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan: 1) Implementasi Pendidikan Kepemudaan Berbasis Kecakapan Hidup di Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Klas IIA Yogyakarta, 2) Faktor pendukung Implementasi Pendidikan Kepemudaan Berbasis Kecakapan Hidup di Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Klas IIA Yogyakarta, 3) Faktor Penghambat Implementasi Pendidikan Kepemudaan Berbasis Kecakapan Hidup di Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Klas IIA Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah Warga Binaan Pemasyarakatan yang tergolong usia pemuda (16-30) tahun. Jenis sumber data yang digunakan ialah data primer dan data sekunder, dengan metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini melalui reduksi data, display data, verifikasi dan untuk mengetahui keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Implementasi pendidikan kepemudaan yang berbasis kecakapan hidup melalui pembinaan kemandirian dan pembinaan kepribadian (hard skill dan soft skill) wajib diikuti dan keduanya tidak dapat dipisahkan. 2) Faktor pendukungnya yakni Semangat belajar Warga Binaan Pemasyarakatan yang ingin tahu dan taat terhadap peraturan, Bahan baku untuk pembinaaan kemandirian tersedia dan mudah didapat, Etos kerja dan produktifitas pegawai yang baik, Kondisi Gedung dan Ruangan yang kondusif, Kecakapan Hidup yang diterapkan dalam pendidikan kepemudaan melalui pembinaan dilaksanakan melibatkan pemuda Warga Binaan Pemasyarakatan untuk senantiasa aktif dan cukup sesuai dengan informasi yang diperlukan, Terjalin kemitraan dengan berbagai pihak. 3) Faktor penghambatnya yakni Latar belakang Warga Binaan Pemasyarakatan yang beranekaragam, pegawainya banyak lulusan SMA yang tentunya belum memiliki keahlian yang bersifat spesifik, Sumber dana yang disediakan masih terbatas, kegiatannya belum digolongkan secara umur, Ada Warga Binaan Pemasyarakatan yang jenuh karena sudah terlalu lama mengikuti program dan menginginkan adanya inovasi program. Kata kunci: Implementasi, Pendidikan Kepemudaan, Kecakapan Hidup.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP
Date Deposited: 02 Jul 2015 02:03
Last Modified: 30 Jan 2019 00:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22099

Actions (login required)

View Item View Item