IMPLEMENTASI PENDEKATAN INKLUSIF DAN DELIBERATIF DALAM PERENCANAAN PROGRAM KETERAMPILAN BUDIDAYA JAMUR TIRAM DI LEMBAGA PENGEMBANGAN TERPADU MASYARAKAT (LPTM) KEPAK SAYAP KECAMATAN PIYUNGAN KABUPTEN BANTUL

Arif Masih Almahdi, Arif (2015) IMPLEMENTASI PENDEKATAN INKLUSIF DAN DELIBERATIF DALAM PERENCANAAN PROGRAM KETERAMPILAN BUDIDAYA JAMUR TIRAM DI LEMBAGA PENGEMBANGAN TERPADU MASYARAKAT (LPTM) KEPAK SAYAP KECAMATAN PIYUNGAN KABUPTEN BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Arif Masih Almahdi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Lembaga Pengembangan Terpadu Masyarakat (LPTM) Kepak Sayap sebagai salah satu satuan Pendidikan Luar Sekolah. LPTM Kepak Sayap diharapkan eksisitensinya dimasyarakat dengan menyelenggarakan berbagai program sesuai kebutuhan masyarakat. Untuk mencapai hasil program yang optimal dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat, maka harus ada upaya partisipasi masyarakat dalam proses manajemennya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perencanaan program LPTM Kepak Sayap, (2) manajemen program pelatihan/keterampilan, dan (3) Implementasi pendekatan Inklusif dan Delibratif dalam perencanaan program. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Informan penelitian adalah Lembaga penyelenggara program satu orang, Narasumber/instruktur, dan peserta program ketrampilan budidaya jamur tiram. Penentuan informan penelitian ditentukan secara purposive, tanpa dipersoalkan tentang ukuran dan jumlahnya. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan diklasifikasikan dan diinterpretasikan sesuai dengan sifat data dan rumusannya. Tehnik analisis data menggunakan langkah-langkah sebagai berikut yaitu reduksi data, display data dan verifikasi data dilanjutkan dengan pengambilan kesimpulan. Tehnik trianggulasi digunakan untuk mengecek kebenaran data dengan sumber lain untuk mempertinggi validitas dan kedalaman penelitian. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa: (1) Perencanaan program LPTM Kepak Sayap merupakan alternatif pendidikan bagi masyarakat sehingga keberadaanya menjadi salah satu solusi terhadap upaya pemberdayaan masyarakat, (2) manajemen program pelatihan/ketrampilan telah berjalan sesuai dengan perencanaan program, dan (3) Implementasi pendekatan Inklusif dan Delibratif dalam perencanaan program ketrampilan melibatkan unsur masyarakat dan dinas pendidikan, LPTM Kepak Sayap, PKBM Harapan Setia dengan saling melengkapi ide yang ada, ini disebabkan keterbatasan pendidikan masyarakat dan hambatan sumber daya manusia. Kata kunci: manajemen, pelatihan, inklusif dan deliberatif

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP
Date Deposited: 02 Jul 2015 02:03
Last Modified: 30 Jan 2019 00:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22098

Actions (login required)

View Item View Item