UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SOSIOLOGI MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN VCD PADA SISWA KELAS X3 SMA NEGERI I IMOGIRI BANTUL PELAJARAN 2010/2011

Bangsa, Pradana Bela Nusa (2011) UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SOSIOLOGI MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN VCD PADA SISWA KELAS X3 SMA NEGERI I IMOGIRI BANTUL PELAJARAN 2010/2011. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
HAL DEPAN.pdf

Download (571kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1, Bab 2, Bab 3, Bab 4, Bab 5 dan Lampiran.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang mengenai siswa kelas X3 mempunyai minat belajar yang lebih rendah dibanding kelas yang lain, hal tersebut membuat siswa tidak bersemangat dan kurang berminat mengikuti proses pembelajaran sosiologi. Akhirnya materi yang disampaikan guru kurang dapat diterima dengan maksimal oleh siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran sosiologi melalui penerapan VCD sebagai media pembelajaran sosiologi di SMA Negeri I Imogiri dan mengetahui bagaimana cara meningkatkan minat belajar siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran sosiologi dengan penerapan VCD sebagai media pembelajaran sosiologi Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas atau Classroom Action Research yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Sasaran dari penelitian ini adalah kelas X3 dengan jumlah siswa 34, yang dianggap memiliki minat belajar kurang disbanding kelas lain dan hasil belajar yang dimiliki belum merata. Data diperoleh melalui observasi yang dilakukan oleh kolaborator, wawancara terhadap kepala sekolah, guru, siswa, angket minat belajar siswa dan hasil catatan lapangan peneliti. Pada penelitian ini digunakan VCD sebagai media pembelajaran sosiologi guna meningkatkan minat belajar siswa mengikuti kegitan pembelajaran sosiologi di SMA Negeri I Imogiri. Setiap siklus dalam penelitian ini terdiri dari tahapan, perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, angket dan refleksi. Penelitian dilaksanakan dari tanggal 8 maret sampai 29 April 2011. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran sosiologi melalui penerapan pembelajaran VCD, yang dipadukan dengan diskusi dan tanya jawab dapat meningkatkan minat belajar sosiologi. Hal tersebut ditunjukan dari skor rata-rata proses peningkatan minat menggunakan media VCD pembelajaran. Skor rata-rata pada pratindakan sebesar 48,94 (43,7%). Skor rata-rata pada siklus I sebesar 55,23 (49,32%). Skor rata-rata pada siklus II sebesar 74,76 (66,75%). Sedangkan Skor rata-rata pada siklus III sebesar 90,47 (80,78%). Jadi, skor rata-rata minat siswa dari pratindakan ke siklus III meningkat sebesar 41,53 (37,08%). Hal itu berarti menunjukkan adanya peningkatan minat siswa mengikuti kegiatan pembelajaran sosiologi dengan penerapan VCD sebagai media pembelajaran sosiologi di SMA Negeri I Imogiri. Kata kunci : minat, belajar, media pembelajarn VCD

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi Antropologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Admin Pendidikan Sosiologi FIS
Date Deposited: 01 Jul 2015 00:59
Last Modified: 01 Jul 2015 00:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22089

Actions (login required)

View Item View Item