POTRET KEMISKINAN MASYARAKAT PENAMBANG MINYAK TRADISIONAL (Studi Kasus di Desa Wonocolo, Kecamatan Kedewan, Kabupaten Bojonegoro)

Nurmalitasari, Yuniar (2011) POTRET KEMISKINAN MASYARAKAT PENAMBANG MINYAK TRADISIONAL (Studi Kasus di Desa Wonocolo, Kecamatan Kedewan, Kabupaten Bojonegoro). S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
YUNIAR NURMALITASARI.pdf

Download (437kB) | Preview

Abstract

Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya alam, salah satunya adalah minyak bumi yang terdapat di Desa Wonocolo. Minyak bumi yang seharusnya mampu menopang perekonomian ternyata belum mampu memperbaiki kesejahteraan masyarakat setempat. Masyarakat setempat juga belum merasakan pembangunan yang berarti dari pengolahan minyak bumi tersebut. Kondisi jalan yang rusak semakin memperparah akses penduduk dalam hal transportasi. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan potret kemiskinan dan faktor-faktor yang menjadi penyebab kemiskinan pada masyarakat penambang minyak tradisional di Desa Wonocolo, Kecamatan Kedewan, Kabupaten Bojonegoro. Penelitian ini berbentuk deskriptif kualitatif. Metode kualitatif yang digunakan adalah wawancara. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Validitas data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber, triangulasi metode dan triangulasi teori. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif Miles and Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT yang berasal dari luar daerah membawa keuntungan bagi para penambang minyak tradisional di Desa Wonocolo karena memudahkan penambang untuk mengaktifkan sumur-sumur yang sudah tidak produktif. Penambangan tradisional tersebut belum memberikan kontribusi bagi pembangunan daerah, karena penambang tidak dikenakan pungutan resmi oleh pemerintah setempat, sehingga hasil dari kegiatan penambangan hanya dinikmati secara pribadi. Kemiskinan di Desa Wonocolo disebabkan oleh faktor internal dan eksternal. Faktor internal antara lain terbatasnya akses tanah untuk lahan pertanian, kesempatan kerja yang sangat terbatas, produktivitas yang rendah, diskriminasi seks dalam hal pekerjaan; sedangkan faktor eksternal antara lain sumber daya manusia yang lemah, harga minyak yang ditetapkan oleh KUD sangat rendah, tidak adanya lembaga khusus yang mengelola keuangan desa. Kata Kunci: Kemiskinan, Masyarakat Penambang Minyak, Tradisiona

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi Antropologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Admin Pendidikan Sosiologi FIS
Date Deposited: 01 Jul 2015 00:58
Last Modified: 30 Jan 2019 00:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22084

Actions (login required)

View Item View Item