HUBUNGAN IKLIM BELAJAR DAN LOCUS OF CONTROL DENGAN KARAKTER SISWA SMK NEGERI 2 WONOSARI

Adi, Nova Trisetiyanto (2015) HUBUNGAN IKLIM BELAJAR DAN LOCUS OF CONTROL DENGAN KARAKTER SISWA SMK NEGERI 2 WONOSARI. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Adi Nova Trisetiyanto-11501247003.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

HUBUNGAN IKLIM BELAJAR DAN LOCUS OF CONTROL DENGAN KARAKTER SISWA SMK NEGERI 2 WONOSARI Oleh : Adi Nova Trisetiyanto 11501247003 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara locus of control dengan karakter siswa dan pengaruh iklim belajar terhadap hubungan antara locus of control dengan karakter siswa SMK Negeri 2 Wonosari. Penelitian ini merupakan penelitian Ex-post facto. Penelitian dilakukan pada siswa kelas XI program keahlian teknik instalasi tenaga listrik SMK Negeri 2 Wonosari, sejumlah 61 responden, merupakan penelitian populasi. Data diambil menggunakan instrumen angket, pada tanggal 23 Mei 2013. Validitas instrumen angket dilakukan dengan analisis butir menggunakan rumus korelasi product moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus alpha cronbach. Hasil uji validitas menunjukan variabel iklim belajar terdapat 19 butir soal valid, variabel locus of control terdapat 19 butir soal valid, dan variabel karakter siswa terdapat 19 butir soal valid. Hasil uji reliabilitas untuk variabel iklim belajar sebesar 0,83; variabel locus of control 0,797; dan variabel karakter siswa sebesar 0,868. Pengujian hipotesis dengan analisis korelasi pearson dan ancova (analysis of covariance), yang sebelumnya dilakukan uji persyaratan analisis meliputi uji normalitas dan linieritas dan uji kemiringan (slope). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara locus of control dengan karakter siswa program keahlian teknik instalasi tenaga listrik SMK Negeri 2 Wonosari. Kontribusi locus of control terhadap karakter siswa sebesar 24,8 %; (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan dari iklim belajar terhadap hubungan antara locus of control dengan karakter siswa kelas XI program keahlian teknik instalasi tenaga listrik SMK N 2 Wonosari. Sumbangan iklim belajar dalam menurunkan rivalitas locus of control adalah 33,6 %. Kata kunci : iklim belajar, karakter siswa, dan locus of control.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Elektro > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 30 Jun 2015 04:45
Last Modified: 30 Jun 2015 04:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22083

Actions (login required)

View Item View Item