PENERAPAN METODE QFD (QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT) PADA RENCANA PENGEMBANGAN SEKOLAH DI SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA

Adhitya, Wahyu Wicaksono (2015) PENERAPAN METODE QFD (QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT) PADA RENCANA PENGEMBANGAN SEKOLAH DI SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Adhitya Wahyu Wicaksono-09501244027.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

PENERAPAN METODE QFD (QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT) PADA RENCANA PENGEMBANGAN SEKOLAH DI SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA ABSTRAK Penulis : Adhitya Wahyu Wicaksono Pembimbing : K. Ima Ismara, M.Pd., M.Kes Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana metode QFD(Quality Function Deployment) telah diterapkan pada rencana pengembangan sekolah di SMK Negeri 2 Yogyakarta, mengetahui bagaimana penerapan metode QFD(Quality Function Deployment) pada rencana pengembangan sekolah di SMK Negeri 2 Yogyakarta, dan pembuatan matrik house of quality. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus yang dilakukan dengan pengambilan data melalui observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Subjekpenelitianadalahguru pengurus RPS atau tim pelaksana pembuatan rencana pengembangan sekolah dan konsumen yaitu siswa di SMK Negeri 2 Yogyakarta.Pengumpulan data menggunakan angket dan wawancara. Data kuantitatif diolah secara deskriptif. Validitas konstruk instrumen diketahui melalui Expert Judgement. Penentuan reliabilitas menggunakan metode Alpha Cronbach. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rencana pengembangan sekolah di SMK Negeri 2 Yogyakarta telah menerapkan metode QFD. Tahapan pelaksanaan QFD yang telah dilaksanakan di sekolah tersebut adalah penjaminan kualitas RPS, penerimaan pendapat konsumen atas perencanaan yang ada, pemenuhan keinginan konsumen, melakukan survey, pembuatan angket kebutuhan konsumen. Tahapan metode QFD yang belum dilaksanakan adalah pembuatan checklist, dan pembuatan matrik house of quality. Pelaksanaan metode QFD tegolong kategori baik dengan presentasi sebesar 37,2% sangat baik, persentasekategori baik sebesar 62,8%, persentasekategori cukup dan presentasi kategori buruk sebesar 0%. Hasil pembuatan matrik house of quality mendapatkan prioritas yang paling utama untuk perbaikan adalah: kualitas pelayanan yang diberikan tim pelaksana, kesesuaian biaya dengan pemenuhan kebutuhan konsumen, kelengkapan perencanaan dimasa mendatang, kebertanggung jawaban sekolah atas kebutuhan siswa, kelengkapan sarana di sekolah. Kata Kunci: Metode QFD, Rencana Pengembangan Sekolah, Matrik House of

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 30 Jun 2015 04:10
Last Modified: 30 Jan 2019 00:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22079

Actions (login required)

View Item View Item