HUBUNGAN ANTARA KEMANDIRIAN BELAJAR DAN PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DENGAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI DI KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2011/2012

Sujatmiko, Arif (2012) HUBUNGAN ANTARA KEMANDIRIAN BELAJAR DAN PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DENGAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI DI KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2011/2012. S1 thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL.

[img]
Preview
Text
skripsi Arif Sujatmiko.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Hubungan antara kemandirian belajar dengan prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa kelas X SMA Negeri di Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2011-2012, (2) Hubungan antara pemanfaatan perpustakaan sekolah dengan prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa kelas X SMA Negeri di Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2011-2012, (3) Hubungan antara kemandirian belajar dan pemanfaatan perpustakaan sekolah dengan prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa kelas X SMA Negeri di Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2011-2012. Jenis pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif, dan jenis penelitiannya yaitu penelitian ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Muntilan, SMA Negeri 1 Kota Mungkid, dan SMA Negeri 1 Ngluwar yang berjumlah 562 siswa. Teknik pengambilan sampelnya menggunakan teknik cluster random sampling, dan sampel yang diperoleh sebanyak 86 siswa. Teknik pengumpulan datanya adalah teknik angket untuk variabel kemandirian belajar dan variabel pemanfaatan perpustakaan sekolah, dan teknik test untuk variabel prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis korelasi Product Moment dan analisis regresi ganda dua prediktor. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Terdapat hubungan positif antara kemandirian belajar dengan prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa kelas X SMA Negeri di Kabupaten Magelang, dengan koefisien korelasi (r) 0,361 (r hitung > r tabel (0,361>0,195) pada taraf signifikansi 5%, (2) Terdapat hubungan positif antara pemanfaatan perpustakaan sekolah dengan prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa kelas X SMA Negeri di Kabupaten Magelang, dengan koefisien korelasi (r) 0,359 ( r hitung > r tabel (0,359>0,195) pada taraf signifikansi 5%, (3) Terdapat hubungan secara bersama-sama kemandirian belajar dan pemanfaatan perpustakaan sekolah dengan prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa kelas X SMA Negeri di Kabupaten Magelang, dengan F hitung sebesar 10,616 dan nilai probabilitas sebesar 0,000 (p<0,05) lebih besar dari F tabel 3,083 pada taraf signifikansi 5%. Besarnya sumbangan efektif untuk variabel kemandirian belajar (X1) sebesar 9,496% dan pemanfaatan perpustakaan sekolah (X2) sebesar 7,323%. Sedangkan sumbangan relatif masing-masing variabel adalah X1 sebesar 53,515% dan X2 sebesar 46,485%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum
Depositing User: Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS
Date Deposited: 01 Jul 2015 00:44
Last Modified: 30 Jan 2019 00:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22070

Actions (login required)

View Item View Item