GAYA BELAJAR SMK PIRI 1 YOGYAKARTA (Studi pada Kelas X Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan

Achmad, Rizqi (2015) GAYA BELAJAR SMK PIRI 1 YOGYAKARTA (Studi pada Kelas X Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Achmad Rizqi 09504241003.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK GAYA BELAJAR SMK PIRI 1 YOGYAKARTA (Studi pada Kelas X Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan) Achmad Rizqi NIM. 09504241003 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) gaya belajar siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK PIRI 1 Yogyakarta, (2) metode mengajar guru Kelas X Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK PIRI 1 Yogyakarta, (3) kesesuaian antara metode mengajar guru dengan gaya belajar siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK PIRI 1 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini adalah gaya belajar siswa meliputi gaya belajar visual, gaya belajar auditori, gaya belajar kinestetik dan metode mengajar guru meliputi metode mengajar visual, metode mengajar auditori, metode mengajar kinestetik. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas X yang berjumlah 124 siswa Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK PIRI 1 Yogyakarta. Metode pengumpulan data gaya belajar siswa dan metode mengajar guru menggunakan kuesioner. Metode pengumpulan data kesesuaian gaya belajar siswa dan metode mengajar guru dengan cara membandingkan antara data gaya belajar siswa dan metode mengajar guru. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) 26 siswa atau 20,98% memiliki gaya belajar visual dengan presentase skor total 66,54% nilai pencapaian kualitas (NPK) sebesar 29,94 kategori cukup, 18 siswa atau 14,5% memiliki gaya belajar auditori dengan presentase skor total 67,28% NPK sebesar 30,27 kategori cukup, 74 siswa atau 59,8% memiliki gaya belajar kinestetik dengan presentase skor total 78,82% NPK sebesar 33,67 kategori tinggi (2) 99 siswa atau 79,83% menilai guru mengajar dengan metode mengajar visual dengan presentase skor total 74,17% NPK sebesar 22,25 kategori tinggi, 11 siswa atau 8,87% menilai guru mengajar dengan metode mengajar auditori dengan presentase skor total 65,70% NPK 19,7 kategori cukup, 2 siswa atau 1,6% menilai guru mengajar dengan metode mengajar kinestetik dengan presentase skor total 62,80% NPK 18,8 kategori cukup (3) adanya ketidaksesuaian antara metode mengajar guru dengan gaya belajar siswa ditinjau dari kuantitas 74 siswa atau 59,8% memiliki gaya belajar kinestetik dengan NPK sebesar 33,67 kategori tinggi sedangkan metode mengajar guru 2 siswa atau 1,6% menilai guru mengajar dengan metode mengajar kinestetik dengan NPK 18,8 kategori cukup dan presentase ketidaksesuaian metode mengajar guru dengan gaya belajar siswa sebesar 16,02%. Kata kunci: gaya belajar visual, gaya belajar auditori, gaya belajar kinestetik, metode mengajar guru

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 30 Jun 2015 03:20
Last Modified: 30 Jan 2019 00:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22067

Actions (login required)

View Item View Item