EFEKTIVITAS METODE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM AKTUALISASI NILAI-NILAI KARAKTER PADA PEMBELAJARAN PKN DI SMP NEGERI 3 SATAP KARANGSAMBUNG KEBUMEN

Amelia, Rahmadani (2014) EFEKTIVITAS METODE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM AKTUALISASI NILAI-NILAI KARAKTER PADA PEMBELAJARAN PKN DI SMP NEGERI 3 SATAP KARANGSAMBUNG KEBUMEN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
LEMBAR PENDAHULUAN_rev I_skripsi amel.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_rev I_skripsi amel.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_rev I_skripsi amel.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III_rev I_skripsi amel.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III_rev I_skripsi amel.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV_rev I_skripsi amel.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V_rev I_skripsi amel.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_rev I_skripsi amel.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1)apakah ada perbedaan aktualisasi nilai-nilai karakter siswa SMP Negeri SATAP Karangsambung Kebumen antara menggunakan pendekatan problem based learning dengan metode konvensional. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen (eksperimen semu). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 SATAP Karangsambung Kebumen yang berjumlah 56 siswa. Populasi dalam penelitian ini diambil dengan cara Population Sampling, yaitu dua kelas yang dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Instrumen diuji menggunakan uji validitas dengan rumus korelasi Product Moment dan uji reliabilitas dengan rumus Alpha Cronbach. Data dianalisis dengan menggunakan uji t dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1)adanya perbedaan aktualisasi nilai karakter yang signifikan antara siswa yang menggunakan metode pembelajaran Problem Based Learning (PBL)dengan siswa yang menggunakan metode ceramah. Hal ini dibuktikan dengan nilai t lebih besar t sebesar (3,201> 2,000) pada taraf signifikansi 5%. Dengan adanya perbedaan tersebut menunjukkan metode problem based learning (PBL) lebih efektif dalam aktualisasi nilai-nilai karakter pada pembelajaran PKn. tabel Kata Kunci: Efektifitas Model Pembelajaran berbasis problem based learning (PBL), Metode Konvensional, nilai-nilai karakter, PKn, SMP Negeri 3 SATAP

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum
Depositing User: Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS
Date Deposited: 01 Jul 2015 00:44
Last Modified: 30 Jan 2019 00:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22061

Actions (login required)

View Item View Item