UPAYA PENANGANAN KEMISKINAN SERTA KEAMANAN DAN KETERTIBAN MASYARAKAT DI KABUPATEN SLEMAN (Studi pada Badan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Masyarakat dan Pemberdayaan Perempuan serta Polres Sleman)

Hartanti, Widayani (2013) UPAYA PENANGANAN KEMISKINAN SERTA KEAMANAN DAN KETERTIBAN MASYARAKAT DI KABUPATEN SLEMAN (Studi pada Badan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Masyarakat dan Pemberdayaan Perempuan serta Polres Sleman). S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
skripsi.pdf

Download (31MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya yang dilakukan dalam menangani dua permasalahan daerah yang menjadi kebutuhan dasar warga negara yaitu kemiskinan serta keamanan dan ketertiban masyarakat di Kabupaten Sleman. Dua pertanyaan penelitian diajukan yang berhubungan dengan kedua tujuan penelitian tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ditentukan dengan teknik purposive. Dengan teknik purposive terpilih subjek penelitian, yaitu Kabag Sekretariat, Kasubbid Penguatan Kelembagaan Masyarakat, Kasubbid Kemiskinan, dan Kasubbid Penguatan Potensi Masyarakat pada Badan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Masyarakat dan Pemberdayaan Perempuan, serta Kasat Binmas di Polres Sleman. Data dikumpulkan dengan metode wawancara dan dokumentasi. Teknik pemeriksan keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi, yaitu dari hasil wawancara yang dilakukan dengan berbagai informan dilakukan cross check dengan data-data yang diperoleh dari hasil dokumentasi. Adapun metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah teknik induktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya penanganan permasalahan daerah yang merupakan kebutuhan dasar warga negara yaitu kemiskinan menjadi salah satu tugas Badan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Masyarakat dan Pemberdayaan Perempuan (BKB PMPP). Sedangkan permasalahan keamanan dan ketertiban masyarakat menjadi tanggung jawab Polres Sleman. Program yang diambil BKB PMPP dalam upaya penanganan kemiskinan antara lain, pembinaan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS), fasilitasi TKPK Daerah, dan PNPM Mandiri Perdesaan. Adapun upaya yang diambil oleh Polres Sleman dalam penanganan keamanan dan ketertiban masyarakat adalah program pengembangan strategi keamanan dan ketertiban, program kerja sama keamanan dan ketertiban, program pemberdayaan potensi keamanan, serta program pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat. Dalam keempat program penanganan keamanan dan ketertiban masyarakat Kabupaten Sleman terdiri atas beberapa kegiatan, misalnya program pengembangan strategi keamanan dan ketertiban yang terdiri atas 5 (lima) kegiatan seperti deteksi kegiatan masyarakat; cipta kondisi keamanan; pendataan, pelayanan, dan pengawasan orang asing; penertiban, pendataan, dan pengawasan senpi, handak, dan obat terlarang; serta pendataan dan pengawasan terhadap pelaku tindak pidana.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Politik
Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum
Depositing User: Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS
Date Deposited: 01 Jul 2015 00:44
Last Modified: 30 Jan 2019 00:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22056

Actions (login required)

View Item View Item